Senin 16 Nov 2020 19:52 WIB

Pesan Klopp Terkait Mendiang Legenda Liverpool Ray Clemence

Clemence adalah kiper utama Liverpool di era kejayaan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ray Clemence (Kiri).
Foto: EPA/ROLF VENNENBERND
Ray Clemence (Kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp memberikan penghormatan kepada legenda timnas Inggris dan Liverpool, Ray Clemence yang dilaporkan meninggalkan dunia pada usia 72 tahun.

"Ray Clemence adalah alasan mengapa klub kami begitu istimewa selama bertahun-tahun. Dia adalah salah satu fondasi yang banyak membangun kesuksesan klub ini," kata Klopp menjelaskan dikutip Sky Sports, Senin (16/11).

Clemence tutup usia setelah didiagnosis kanker prostat pada 2005 silam, dan ia juga menjalani perawatan tumor otak sebelum kembali ke sang pencipta pada Ahad (15/11) kemarin.

Klopp menjelaskan, kepergian mantan penjaga gawang the Reds itu merupakan momen menyedihkan bagi seluruh klub asal Merseyside Merah.

"Sebagai tim dan manajemen saat ini, kami mengirimkan semua cinta kami kepada keluarga dan saudara. Perasaan kami saat ini tentu sangat sedih. Penggemar kami akan mengingat dengan kesukaan pemain yang luar biasa dan orang yang luar biasa yang telah berkontribusi banyak untuk Liverpool Football Club," sambung pria asal Jerman.

Clemence adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dihasilkan tanah Inggris. Ia memulai karier selama dua musim di Scunthorpe United sebelum pindah ke Liverpool pada 1967.

Clemence kemudian 14 musim membela Liverpool dan memberikan berbagai macam gelar.  Ia menyumbangkan lima gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dua gelar Piala UEFA, dan tiga gelar Piala Champions.

Dalam 11 tahun di Liverpool, ia jadi pemain utama, tampil lebih dari 650 kali, hanya absen enam kali, sampai posisinya terancam oleh kehadiran Bruce Grobbelar.

Setelah itu, Clemence sempat membela Tottenham Hotspur selama tujuh tahun dan menyumbangkan gelar Piala FA dan Piala UEFA. Setelah pensiun Clemence sempat menjadi staf kepelatihan the Lilywhites, dan timnas Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement