Senin 16 Nov 2020 16:11 WIB

UIN Suka Serahkan Bantuan Warga Terdampak Tanah Longsor

Desa Kalirejo memang rawan bencana, tidak hanya tanah longsor, namun juga kekeringan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta menyerahkan bantuan kepada warga terdampak tanah longsor di Desa Kalirejo, Kulonprogo, DIY. Bantuan yang diberikan berupa uang.

Kepala Desa Kalirejo, Lana mengatakan, setidaknya kerugian yang diakibatkan oleh bencana tersebut mencapai Rp 150 juta. Bantuan ini akan digunakan untuk membangun rumah yang rusak dan mencukupi kebutuhan darurat masyarakat yang terdampak tanah longsor. "Hingga saat ini donasi yang masuk Rp 50 juta," kata Lana.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Suka, Trio Yonathan Tejo Kusumo mengatakan, Desa Kalirejo memang rawan bencana. Tidak hanya tanah longsor, namun juga kekeringan.

Bahkan, lokasi bencana ini sendiri merupakan salah satu wilayah tujuan KKN UIN Suka. Melalui bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak.

"Kami selalu memantau perkembangan semua desa yang menjadi lokasi KKN. Jadi kalau terjadi bencana seperti ini, ya kami harus peduli untuk meringankan beban masyarakat terdampak bencana," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement