Kamis 12 Nov 2020 18:58 WIB

Niam Janjikan Profit Bagi TelkomMetra Group

Setiap anak usaha TelkomMetra akan peroleh rekomendasi strategi bisnis yang baru.

Logo of PT Telkom Indonesia (illustration)
Foto: telkom.co.id
Logo of PT Telkom Indonesia (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), Niam Dzikri menjanjikan 18 anak usaha dari perusahaan yang dipimpinnya akan meraih profit (keuntungan) di tengah pandemi Covid-19.

"Yang penting jeli dalam melihat peluang, saya kira akan bisa berubah," kata Niam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (12/11).

Niam yang baru diangkat melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham pada 29 September lalu menjelaskan tengah mempersiapkan sumber pendapatan yang bisa menjadi andalan bagi perusahaan. Untuk mencapai profit, Niam Dzikri mengatakan memulainya dengan melakukan penilaian (assessment) kembali secara lebih mendalam terhadap kinerja keuangan dari ke-18 unit bisnis/anak usaha.

Terkait kebijakannya itu Niam mengatakan, akan memanfaatkan teknologi papan monitor yang dikenal sebagai dashboard financial management system untuk memudahkan pelaksanaannya. Teknologi ini memudahkan bagi jajaran direksi untuk melakukan proses evaluasi secara akurat dan real-time.

"Selain untuk memonitor kinerja keuangan seluruh grup, papan ini juga dilengkapi fitur What If Analysis yang dapat menyimulasikan laporan keuangan berdasarkan data aktual, yang digunakan sebagai estimasi atau proyeksi pertumbuhan bisnis di masa depan," ujar Niam.

Selain papan monitor, di semester II 2020 TelkomMetra pun telah melakukan penilaian terhadap kemampuan produk mencetak profit (Product Profitability Assessment) untuk menghasilkan kajian komprehensif terhadap kinerja produk dalam mencapai profit dan produktivitas. Penilaian ini dapat menganalisa kontribusi produk terhadap total pendapatan, umur produk, bahkan bisa melakukan analisa pareto, atau bahkan melihat posisi produk terhadap kemampuan strategis perusahaan induk (Telkom).

Di akhir proses penilaian, setiap anak perusahaan TelkomMetra akan memperoleh rekomendasi strategi bisnis yang baru. Dengan demikian, bisa menentukan strategi jitu berikutnya untuk mengembangkan belasan unit yang ada, kata Niam.

Namun, Niam belum merinci berapa target perolehan profit dari 18 anak usaha perseroan dari kondisi saat ini. Niam juga belum merinci bagaimana kondisi kinerja keuangan 18 anak usaha perseroan tersebut saat ini.

Sebelum menjabat Direktur Utama TelkomMetra, Niam Dzikri merupakan Direktur Utama PT Finnet Indonesia dari 2015 hingga 2018. Dilanjutkan menjadi Direktur Utama di PT Infomedia Nusantara sejak 2018 hingga September 2020.

Dalam memimpin Infomedia, lulusan S2 Magister Manajemen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini telah berhasil membawa Infomedia meraih peningkatan laba bersih sebesar 30 persen dan total pendapatan yang meningkatkan lebih dari 10 persen selama 2 tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement