Senin 16 Nov 2020 17:50 WIB

PJJ Disarankan Hingga Akhir Tahun

Ketidakefektivan sekolah tatap muka sebelum tahun depan karena sejumlah faktor.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Satriwan Salim
Foto: dok. Pribadi
Satriwan Salim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) memantau rencana sejumlah Pemda menggelar sekolah tatap muka bulan ini. P2G mengusulkan, sebaiknya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan hingga akhir tahun.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim menilai, rencana beberapa daerah melakukan pembukaan sekolah tatap muka di pertengahan November ini, berpotensi tidak akan efektif. Sebab mengingat waktu Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS) yang tinggal sekitar 3 pekan lagi.

"Awal Desember siswa akan UAS semester ganjil. Andaikata sekolah tatap muka kembali, pembelajaran tak akan berjalan efektif dan optimal," kata Satriwan dalam keterangan pers yang diterima Republika pada Senin (16/11).

Satriwan menyebut, ketidakefektivan sekolah tatap muka sebelum tahun depan karena sejumlah faktor, diantaranya pembelajaran dibagi 2 shift, tidak boleh ada kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian sekolah juga tidak boleh mengadakan kegiatan olahraga dan penutupan kantin sekolah.

"Hal ini sudah membuat interaksi siswa antar kelas sangat terbatas. Waktu belajar pun terbatas," ujar Satriwan.

Satriwan memandang, aturan pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara tatap muka sangat ketat untuk dipaksakan pada tahun ini. Ia meminta agar sekolah di daerah tidak memaksakan belajar tatap muka. 

"Kami tegaskan, lebih baik PJJ diteruskan sampai akhir tahun," ucap Satriwan.

Diketahui, perkembangan dinamis sebaran status zona Covid-19 Kota/Kabupaten di Indonesia, membuat daerah berstatus zona hijau dan kuning memberanikan diri membuka sekolah tatap muka. SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada tahun Ajaran 2020/2021 memberikan kesempatan bagi sekolah di zona kuning dan hijau dibuka kembali tatap muka.

Dalam pantauan P2G secara nasional sampai 16 November 2020, ada peningkatan jumlah sekolah di daerah yang (akan) melakukan sekolah tatap muka. Rencana sekolah dibuka untuk tatap muka akan dilaksanakan mulai hari ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement