Senin 16 Nov 2020 09:48 WIB

BP Jamsostek Harap Perusahaan dan Pemda Raih Paritrana Award

Pemda dan perusahaan didorong BP Jamsostek raih Paritrana Award 2020.

BP Jamsostek Harap Perusahaan dan Pemda Raih Paritrana Award
Foto: Dok Republika
BP Jamsostek Harap Perusahaan dan Pemda Raih Paritrana Award

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Kepesertaan BP Jamsostek E Ilyas Lubis mendorong pemerintah daerah dan perusahaan untuk meraih Paritrana Award 2020. Di mana, Paritrana Award ini untuk meningkatkan semangat perusahaan dan pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di wilayahnya masing-masing.

"Kami mendorong bapak ibu dari pemda dan perusahaan untuk meraih Paritrana Award 2020 dan melanjutkannya di Paritrana Award 2021," kata Ilyas saat webinar bertajuk Sosialisasi Paritrana Award 2020, Senin (16/11).

Baca Juga

Ilyas mengatakan, periode penilaian untuk penghargaan ini diambil dari awal Januari sampai dengan penghujung tahun 2020. Proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap, dan nantinya akan dilakukan wawancara bagi kandidat yang dinyatakan lolos pada seleksi penyisihan. Pada tahun ini kriteria penilaian ditambahkan indikator perlindungan relawan covid-19 sebagai bagian perlindungan pekerja rentan.

Dirinya menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun, jumlah partisipasi kandidat penerima Paritrana Award selalu meningkat. Pada tahun 2019 saja jumlah total tercatat sebanyak 365 kandidat.

Ilyas mengatakan, penyerahan piala Paritrana Award 2020 akan dilakukan pada tiwulan pertama 2021. Dia berharap Presiden RI Joko Widodo yang langsung menyerahkan piala itu kepada para pemenang.

Ilyas mengatakan, proses penilaian penghargaan Paritrana Awards 2020 akan dilakukan nanti pada awal tahun 2021. Adapun kategori yang diberikan sama dengan periode penganugerahan pada tahun sebelumnya dengan melibatkan tim penilai yang merupakan perwakilan dari Pemerintah, Ahli Jaminan Sosial, Ahli Kebijakan Publik, Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Unsur Pengusaha, Unsur Serikat Pekerja dan BP Jamsostek.

Mereka di antaranya yaitu Deputi Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK RI TB A Choesni, Direktur Kepesertaan BP Jamsosetk E Ilyas Lubis, ahli jaminan sosial Hotbonar Sinaga, Deputi Direktur Bidang Kepersertaan Koperasi dan Institusi BP Jamsosek Zainudin, ahli kebijakan publik Riant Nugroho, ahli pemberdayaan masyarakat/sosiologi pendidikan Ravik Karsidi, ahli jaminan sosial Chazali Situmorang, DPN Apindo Soeprayitno, unsur serikat pekerja Untung RIyadi, Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemenaker RI Retno Pratiwi, Direktur SUPD IV KEmendagri Zanariah,

Menurut Ilyas, Paritrana Award ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenko-PMK RI bersama BP Jamsostek yang sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha yang dinilai telah mengimplementasikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja dengan baik.

“Semoga para kandidat tahun ini bisa mencapai hasil yang maksimal sebagai buah dari usaha besar dalam mendukung dan mengimplementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah dan perusahaan masing-masing. Semoga Paritrana Award ini menjadi pemicu semangat yang memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud," kata Iyas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement