Senin 16 Nov 2020 08:11 WIB

Solusi Klopp Atasi Krisi di Skuat Liverpool

Klopp harus memutar otak untuk menurunkan komposisi pemain di tengah jadwal padat.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool dilanda krisis menyusul cedera beberapa pemain utama, termasuk penyerang andalan Mohamed Salah yang didiagnosa positif Covid-19. Salah dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti tes bersama timnas Mesir dalam rangka pertandingan jeda internasional.

Namun, yang menjadi kebingungan, pernyataan tersebut telah dihapus oleh Federasi Sepak Bola Mesir setelah membuat pengumuman resmi pada Jumat, 13 November 2020. Meski demikian, kemungkinan Salah akan menjalani tes Covid-19 kedua untuk mengonfirmasi hasil yang pertama. Jika Salah dinyatakan positif untuk kedua kalinya, maka itu akan menjadi pukulan besar bagi skuat asuhan Juergen Klopp.

Mengingat sejumlah penggawa the Anfield Gank juga mengalami masalah kebugaran. Terakhir, ada Joe Gomez yang mengalami cedera lutut saat bertugas bersama the Three Lions, julukan timnas Inggris. Sementara, sebelumnya ada nama Virgil van Dijk, pun bek sayap Trent Alexander-Arnold yang mengalami cedera.

Awan mendung bermuara di atap Stadion Anfield. Pasalnya, pada lanjutan kompetisi Liga Primer Inggris kesembilan Liverpool sudah ditunggu lawan berat, sang pemimpin klasemen sementara, Leicester City, di Stadion Anfield pada 23 November 2020.

Kondisi absennya beberapa pemain inti semakin membuat situasi the Reds, khususnya Klopp, semakin sulit untuk mempertahankan gelar Liga Primer musim ini. Pelatih asal Jerman itu harus memutar otak lebih dalam untuk menurunkan komposisi pemain di tengah jadwal padat musim 2020/2021.

"Jelas ini adalah situasi yang sulit, tapi kami tidak boleh menyerah," kata Klopp menjelaskan dikutip laman resmi klub, Ahad (15/11).

Dengan atau tanpa Salah, Liverpool masih memiliki stok pemain depan melimpah. Namun, fokus the Reds adalah sektor bek pun lini tengah. Pasalnya, Liverpool juga masih kehilangan Thiago Alcantara yang absen karena cedera.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu akan mempercayai Diogo Jota menempati pos yang ditinggalkan Salah. Sedangkan, absennya Alexander-Arnold yang cedera membuat Klopp harus memilih di antara Neco Williams, Kostas Tsimikas, atau pemain gaek James Milner.

Formasi 4-2-3-1 atau 4-2-2-2 diprediksi akan dipilih Klopp untuk menghadapi pasukan Brendan Rodgers. Namun, dengan bek tengah yang dinilai sangat keropos sepeninggalan Van Dijk, serta Joe Gomez, maka Klopp akan memaksimalkan skuatnya yang ada.

Untuk Joel Matip pemain berkebangsaan Jerman tersebut sudah kembali berlatih bersama rekan setim, namun kondisi tubuhnya belum sepenuhnya fit. Sedangkan, Fabinho, gelandang asal Brasil, kondisinya semakin berangsur membaik.

Mantan pemain Liverpool, Stephen Warnock, menganggap Merseyside Merah perlu mendatangkan bek baru pada jendela transfer musim panas mendatang. Selain itu, ia percaya pencapaian the Reds musim ini jelas akan selalu diingat oleh para pemain dan pelatih. Pasalnya, Liverpool saat ini berada dalam kondisi sulit.

"Selalu ada harapan pada tim ini untuk tampil dan mungkin ini akan lebih meningkatkan status Klopp sebagai pelatih terbaik ketika melewati masa sulit seperti ini," kata Warnock dikutip Mirror.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement