Senin 16 Nov 2020 00:18 WIB

Wagub DKI Tinjau Upaya Pencegahan Banjir di Kemayoran

Wagub DKI ingin memastikan upaya pencegahan banjir terus berjalan efektif.

Wakil Gubernur DKI Jakarta - Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Gubernur DKI Jakarta - Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau kerja bakti gerebek lumpur yang dilakukan di Kampung Irian, RW 06, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Ahad (15/11). Ariza ingin memastikan upaya pencegahan banjir terus berjalan efektif.

"Kerja bakti gerebek lumpur ini merupakan program utama Pemprov DKI Jakarta untuk menambah volume tampungan air, baik yang ada di kali, sungai, embung, maupun waduk yang ada di DKI Jakarta," kata Ariza dalam keterangan tertulis resminya, Aha (15/11).

Baca Juga

Ariza menuturkan, jajarannya juga melakukan optimalisasi pompa air agar dapat memastikan berfungsi dengan baik pada musim hujan maupun saat cuaca cerah. Selain itu, ia menyebut, pihaknya juga membuat sodetan dan sistem poulder.

"Kita juga mendorong agar ada biopori di lingkungan rumah. Jadi, prinsipnya semua upaya kita lakukan, di samping juga upaya penanggulangan banjir kita tingkatkan," ujar dia.

Ariza juga mengingatkan, berdasarkan perkiraan BPBD, Jakarta akan menjadi salah satu wilayah yang terdampak anomali iklim La Nina. Ia menjelaskan, dampak yang terjadi adalah peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Oleh karena itu, Ariza meminta masyarakat agar dapat turut mempersiapkan diri dengan membantu menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan, dan got di lingkungan rumah masing-masing. "Juga kita minta dukungan dari semua pihak. Kami juga melakukan sosialisasi masyarakat dalam rangka pengendalian banjir," jelas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement