Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Ini 5 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ahad 29 Nov 2020 06:43 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Jangan Melulu Obat, Ini 5 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jangan Melulu Obat, Ini 5 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jangan Melulu Obat, Ini 5 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jika kurang istirahat seperti tidak cukup tidur, kebiasaan makan yang tidak teratur dengan gizi minim tentu akan membuat kondisi daya tahan tubuh tidak prima. Alhasil, imunitas menurun sehingga membuat virus penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, menjaga imunitas tubuh sangatlah penting terutama saat menghadapi masa pandemi corona yang belum usai ini.

Rasanya memperhatikan asupan saja kurang, sehingga mengonsumsi berbagai obat vitamin juga diperlukan. Namun, jika terus menerus mengonsumsi obat-obatan juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

Tak perlu khawatir, ada beberapa tanaman herbal yang bisa Anda coba untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut daftar tanaman herbal yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kunyit

kunyit
Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur. Salah satu hidangan kenamaan yang menggunakan kunyit sebagai bumbu utama adalah, pesmol ikan. Atau yang biasa disebut dengan ikan bumbu kuning.

Biasa menjadi bumbu masak, kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam kunyit antara lain, Vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin B-6, juga magnesium.

Sementara, warna kuning pada kunyit yang menggugah selera berasal dari senyawa curcumin yang terkandung di dalamnya. Curcumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat sebagai imunomodulator yang berfungsi meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh dan sebagai anti inflamasi.

Selain itu, kunyit juga mengandung zat aktif yang khas, yaitu, curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C dan D. Artinya, kunyit juga dapat berfungsi untuk merangsang daya tahan tubuh. 

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Obat Ini Ternyata Bisa Ditanam di Rumah, Apa Saja?

2. Temulawak 

Anda bisa mencoba perpaduan kunyit, meniran, dan temulawak. Sebab, temulawak juga merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sama seperti kunyit, temulawak juga mengandung curcumin. Sementara perpaduan temulawak dengan kunyit dan meniran juga terbukti mampu meningkatkan kebugaran kardiovaskuler. Temulawak juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu, penetral racun, penghilang rasa nyeri, sebagai antibakteri, juga mencegah perlemakan dalam sel-sel hati dan berfungsi sebagai antioksidan. 

3. Cengkeh

cengkeh
Cengkeh

Umumnya, cengkeh sering terlihat pada masakan sop atau kue nastar. Selain itu, rempah ini juga biasa digunakan sebagai bahan dasar minuman hangat. Dikenal sebagai penyedap rasa, cengkeh termasuk dalam tanaman herbal yang dapat menjaga kekebalan tubuh.

Cengkeh mengandung vitamin C yang kita ketahui berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Bahkan, antioksidan dalam cengkeh dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lain.

4. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak dan juga bahan minuman yang mampu menghangatkan tubuh. Khasiat dari jahe bukan hanya dari sifatnya yang menghangatkan tapi memiliki kandungan-kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada jahe terdapat gingerol dan shogaol yang menjadi komponen utama yang memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang kuat. Selain itu, dua kandungan tersebut juga bisa menurunkan risiko infeksi dan menghambat berkembangnya bakteri dan virus. Atau, yang biasa dikenal dengan sebutan antimikroba, antibiotik, termasuk anti inflamasi.

Khasiat dari tanaman ini antara lain meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan mual, dan kelebihan gas dalam pencernaan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jahe agar kondisi tubuh Anda tetap prima.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apakah Mampu Cegah Corona?

5. Cabai Merah

cabe merah
Cabai merah

Ada orang yang wajib makan dengan menggunakan sambal. Bisa jadi, orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang baik. Karena, cabai merah merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat menguatkan kekebalan tubuh.

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa cabai merah mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Cabai merah juga mengandung zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin

Perpaduan vitamin C dan zat besi dalam cabai merah menghasilkan kolagen yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas. Vitamin C di dalamnya juga otomatis membuat cabai merah mengandung antioksidan penangkal radikal bebas.

Jika Anda tidak terbiasa dengan makanan-makanan pedas, mungkin dapat mulai membiasakan diri. Tapi juga, tetap berhati-hati. Karena kebanyakan mengkonsumsi cabai merah bisa mengganggu sistem pencernaan.

Terapkan Hidup Sehat

Itulah beberapa tanaman herbal yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Memperkuat sistem kekebalan tubuh memang sangat penting. Apalagi ketika dihadapkan dengan masa pandemi. Yang terpenting adalah menerapkan hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, berolahraga dengan teratur dan berjemur rutin setiap pukul 9 pagi.

Baca Juga: Cegah Virus Corona dengan Jaga Imun Tubuh, Begini Caranya!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA