Ahad 15 Nov 2020 19:26 WIB

Hadapi Belgia, Pelatih Inggris: Kami Harus Bisa Beradaptasi

Inggris melawat ke kandang Belgia pada laga penyisihan Grup A2 UEFA Nations League.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Gareth Southgate
Foto: EPA-EFE/VASSIL DONEV
Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, LEUVEN -- Inggris akan melawat ke kandang Belgia di Stadion De Dreef, Leuven, pada laga kelima penyisihan Grup A2 UEFA Nations League, Senin (16/11) dini hari WIB. Meski memetik kemenangan di pertemuan terakhir dengan Belgia, tapi pelatih Inggris, Gareth Southgate, menegaskan, anak-anak asuhnya harus bisa beradaptasi dalam menghadapi gaya permainan Belgia.

Di bentrokan terakhir dengan Belgia, tepatnya di laga kedua Grup A2 UEFA Nations League, Inggris sukses membungkam tim besutan Roberto Martinez tersebut, 2-1. Di laga yang digelar di Stadion Wembley itu, Inggris sukses membalikan keadaan setelah sempat tertinggal lebih dulu via gol Romelu Lukaku pada menit ke-12. Gol penalti Marcus Rashford dan torehan Mason Mount membawa Inggris membungkam Belgia.

Baca Juga

Southgate pun menyebut, dalam lawatan ke markas Belgia, para penggawa The Three Lions mesti bisa beradaptasi, baik segi penerapan taktik ataupun dalam menjawab tantangan Belgia di atas lapangan. Belgia dinilai akan melakukan sejumlah perubahan, baik dari segi taktik atapun pemilihan pemain, dibanding pada pertemuan pertama.

''Laga itu akan berjalan sangat cair. Jadi, para pemain mesti bisa beradaptasi dengan cepat. Para pemain harus yakin dan bisa membuat keputusan yang tepat di atas lapangan,'' tutur Southgate seperti dilansir laman resmi UEFA, Ahad (15/11).

Di laga kontra Belgia, Inggris pun bertekad memperpanjang rekor apiknya saat melakoni laga tandang. Inggris tercatat belum pernah kalah di empat laga tandang terakhir di semua ajang. Bahkan, dalam empat laga tersebut, gawang The Three Lions tidak pernah kebobolan sama sekali.

Tidak hanya itu, Inggris juga berambisi memetik tiga angka di laga kontra Belgia. Kemenangan atas Belgia akan membawa The Three Lions menjaga peluang untuk lolos ke babak semifinal UEFA Nations League musim ini.

Dari empat laga yang telah digelar di Grup A2 UEFA Nations League, Inggris berada di peringkat ketiga dengan torehan tujuh poin dan mengantongi poin yang sama dengan Denmark, yang berada di peringkat kedua. Inggris kalah jumlah selisih gol dari Denmark. Karena itu, kekalahan dari Belgia di laga ini akan membuat Inggris tersingkir dari gelaran UEFA Nations League musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement