Ahad 15 Nov 2020 14:59 WIB

Salman Aristo Penulis Skenario Terbaik Festival Film Bandung

Penghargaan ini didapatkan Salman berkat film Bumi Manusia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salman Aristo (kanan).
Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Salman Aristo (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sineas Salman Aristo mengantongi gelar Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2020. Penghargaan itu didapatkan Salman berkat film Bumi Manusia produksi Falcon Pictures.

"Alhamdulillah. Hatur nuhun (terima kasih), Bandung. Hatur nuhun (terima kasih) buat konsistensinya @festivalfilmbandung. Akhir na, gaduh oge (akhirnya punya juga)," kata Salman lewat akun Instagram @salmanaristo.

Film Bumi Manusia tayang di bioskop pada Agustus 2019. Sinema arahan Hanung Bramantyo itu dibintangi Iqbaal Ramadhan, Sha Ine Febryanti, Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, dan Giorgino Abraham.

Sinema yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer itu menceritakan kisah cinta Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies (Mawar De Jongh). Mereka berdua menjalin cinta di tengah pergelutan tanah kolonial awal abad 20.

Minke dan Annelies saling jatuh cinta. Padahal, Minke adalah pemuda pribumi dan seorang totok. Sementara, Annelies adalah gadis Indo Belanda, putri seorang pria berkebangsaan Belanda dengan seorang Nyai.

Bumi Manusia juga mendapat penghargaan sebagai Film Bioskop Terpuji. Tiga penghargaan lain yakni Pemeran Utama Pria Terpuji untuk Iqbaal, Sutradara Terpuji untuk Hanung, dan Penata Kamera Terpuji.

Festival Film Bandung 2020 telah berlangsung di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Sabtu (14/11). Ajang tersebut memberikan penghargaan kepada film layar lebar dan serial televisi yang tayang sejak setahun silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement