Ahad 15 Nov 2020 01:40 WIB

Jerman Wajib Menang dari Ukraina 

Jerman belum terkalahkan dalam empat pertandingan Nations League sejauh ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 pelatih kepala tim Jerman Joachim Loew
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
pelatih kepala tim Jerman Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Jerman akan menghadapi Ukraina pada pertandingan ke-5 Grup A4 UEFA Nations League di Red Bull Arena, Leipzig, Ahad (15/11) dini hari WIB. Jerman belum terkalahkan dalam empat pertandingan Nations League sejauh ini, tapi mereka harus meraih poin maksimal saat melawan Ukraina untuk menjadi juara grup. 

Jerman dan Ukraina sama-sama memiliki enam poin dari empat pertandingan. Jerman menang sekali dan imbang tiga kali (M1 S3 K0), sedangkan Ukraina menang dua kali dan kalah dua kali (M2 S0 K2). Mereka tertinggal satu poin di belakang Spanyol (7) dan unggul atas Swiss (2). 

Pada pertemuan sebelumnya, pasukan Joachim Loew berhasil meraih kemenangan 2-1 saat melakukan perjalanan ke Kyiv berkat gol dari Matthias Ginter dan Leon Goretzka. Mereka perlu mengamankan poin penuh untuk menjaga kans menjadi juara grup, sebelum bentrok langsung dengan Spanyol di Sevilla pada matchday pamungkas, tiga hari berselang. 

Dikutip dari Football Critic, Ahad (15/11), ada beberapa ketidaksepakatan tentang bagaimana Jerman dapat menyesuaikan diri dalam pertandingan ini. Bahkan formasi masih diperdebatkan, dengan beberapa sumber menyarankan 3-4-3 sementara yang lain mendukung 4-2-3-1. 

Ginter dan Antonio Ruediger kemungkinan besar akan menjadi starter di depan Manuel Neuer, dengan Nicklas Sule kemungkinan tambahan jika tiga di belakang digunakan. Sama halnya, Leon Goretzka, Ilkay Guendogan dan pemain Borussia Monchengladbach Florian Neuhaus juga diharapkan untuk bermain. 

Perdebatan muncul di area bek sayap. Posisi Robin Gosens, yang cedera baru-baru ini, mungkin akan direbut oleh Philipp Max di sisi kiri, sementara Goretzka bisa tampil dalam peran sayap kanan di depan Benjamin Henrichs. Serge Gnabry, Timo Werner dan Leroy Sane akan memimpin barisan di tiga penyerang yang mengesankan.

"Anda dapat berasumsi bahwa Leroy Sane, Serge Gnabry dan Timo Werner akan menjadi starter. Mereka memberi kami kecepatan yang luar biasa di dalam dan di luar bola. Tapi, mungkin kami masih perlu memperbaiki pergerakan mereka karena mereka cenderung memiliki ide serupa," kata Loew dikutip dari UEFA, Ahad (15/11). 

Namun, kata dia, jika tim dapat memanfaatkan kecepatan mereka secara efektif, mereka bisa sangat berbahaya, dan tentu akan sangat mungkin bagi tim untuk memenangkan Nations League. "Tetapi bagi saya dan tim hanya ada satu tujuan saat ini: menang pada Ahad," katanya. 

Prediksi Starting XI Jerman: 

 

 

Neuer; Ginter, Sule, Rudiger; Max, Gundogan, Neuhaus, Goretzka; Sane, Werner, Gnarby

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement