Sabtu 14 Nov 2020 20:53 WIB

YBM BRI Minta Generasi Muda Jadi Penggerak Masjid

Beasiswa ini mengusung visi membentuk intelektual muslim yang memiliki jiwa pemimpin

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Fakhruddin
YBM BRI Minta Generasi Muda Jadi Penggerak Masjid (ilustrasi).
Foto: MGROL100
YBM BRI Minta Generasi Muda Jadi Penggerak Masjid (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Badan Pengurus Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI, Sepyan Uhyandi meminta kepada generasi muda, khususnya yang lolos seleksi dalam program beasiswa Bright Scholarship untuk menjadi aktivis dan penggerak masjid. Karena itu, menurut dia, generasi muda harus memiliki bekal agama yang baik.

“Jadi kalian harus menjadi penggerak masjid, jadi muadzin, jadi imam, ikut bantu-bantu kalau ada kegiatan, dan mengajar ngaji di masjid tersebut. Itu harus tetap dilakukan,” ujar Sepyan dalam acara Sarasehan Nasional Bright Scholarship 2020 yang digelar secara virtual, Sabtu (14/11).

Selain itu, Sepyan juga mengimbau kepada penerima program Bright Scholarship angkatan kelima tersebut untuk tetap menambah hafalan Alqurannya. Menurut dia, dalam satu semester minimal harus menambah satu juz Alqur’an.

“Kalian harus menggerakkan masjid sebagai pusat kegaitan-kegiatan di wilayah tersebut,” ucapnya.

Melalui program Bright Scholarship ini, YBM BRI terus berupaya meningkatkan SDM unggul dengan mempersiapan calon pemimpin profesional yang cerdas. Program beasiswa ini mengusung visi membentuk generasi intelektual muslim yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai Islam dalam kehidupan.

Karena itu, Sepyan juga meminta kepada penerima program Bright Scholarship untuk lebih aktif berorganisasi sejak dini dan peduli terhadap lingkungannya, sehingga sejak muda sudah bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

“Untuk itu nanti masing-masing kelompok penerima akan disuruh mencari kelompok usaha dan dibimbing usahanya serta dibiayai dari uang zakat supaya mereka bisa usaha,” katanya.  

Hingga saat ini Bright Scholarship YBM BRI memiliki 26 mitra kampus di seluruh Indonesia. Melalui pendampingan dan pembinaan, Bright Scholarship turut berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat. Salah satunya membantu petani mustahik yang kekurangan modal menjadi muzakki.  

“Kami berharap adik-adik penerima Bright Scholarship YBM BRI dapat mensyukuri kesempatan ini dengan cara kalian bersungguh-sungguh mengikuti setiap rangkaian kegiatan program agar kelak siap menjadi agen perubahan serta dapat menjadi solusi atas problematika yang dihadapi,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Bidang Sosial YBM BRI, Arie Sus Miyanti mengucapkan selamat kepada generasi muda yang lolos dalam seleksi Bright Scholarship YBM BRI angkatan V. Dia berharap mereka dapat memanfaatkan waktu selama pembinaan sebagai upaya untuk menempa diri selama tiga tahun dan mengoptimalkan segala potensinya.

“Sehingga bisa memberikan kemanfaatan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga masyarakat dan bangsa tercinta, seperti tagline YBM BRI, Semangat Berindonesia!,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement