Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Lazio Terancam Sanksi Pengurangan Poin Terkait Covid-19

Jumat 13 Nov 2020 20:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Para pemain Lazio dalam pertandingan Serie A (ilustrasi).

Para pemain Lazio dalam pertandingan Serie A (ilustrasi).

Foto: EPA-EFE/Claudio Perri
Ini merupakan dampak polemik perbedaan hasil tes Covid-19 para penggawa Lazio.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Lazio terancam sanksi pengurangan satu poin di papan klasemen sementara Liga Italia musim ini. Sanksi ini tidak terlepas dari adanya perbedaan hasil tes Covid-19 sejumlah penggawa Lazio. Saat ini, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tengah melakukan investagasi khusus terkait polemik perbedaan hasil tes Covid-19 para penggawa Lazio tersebut.

Sebelumnya, tiga penggawa Lazio, Ciro Immobile, Lucas Leiva, dan Thomas Strakosha, sempat dinyatakan negatif Covid-19 lewat hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh laboratorium, Futura Diagnostica, yang berbasis di Avelino, Italia Selatan. Bahkan, tiga pemain tersebut dinyatakan negatif dalam dua kali tes dari Futura Diagnostica, rekanan Lazio dalam menggelar tes Covid-19 untuk para pemain dan staf klub. 

Namun, hasil tes ketiga pemain itu berbeda dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh UEFA, lewat laboratorium SynLab, dan sebuah laboratorium di Roma, Campus Biomedico. Berdasarkan hasil pemeriksaan di dua laboratorium tersebut, tiga pemain tersebut justru positif Covid-19. 

Baca Juga

Perbedaan inilah yang akhirnya memicu FIGC menggelarr investigasi. FIGC menilai, Lazio diduga melakukan berbagai pelanggaran, mulai dari kelalaian dalam penerapan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19, penipuan dalam dokumen publik, hingga melakukan kecurangan dalam kerjasamanya dengan pihak ketiga.

Pada Kamis (12/11) waktu setempat, Komite Disiplin FIGC telah mewawancara Kepala Tim Medis Lazio, Ivo Pulcini. Dalam wawancara tersebut, Pulcini didatangkan sebagai saksi oleh tim penyidik dari FIGC. 

"Para pemain Lazio juga bisa diinterogasi oleh FIGC dalam beberapa hari mendatang," tulis laporan Il Corriere dello Sport seperti dilansir Football Italia, Jumat (13/11).

Berdasarkan laporan Il Messagero, Lazio juga terancam dijatuhkan sanksi pengurangan poin apabila terbukti bersalah dalam kasus ini. Hingga Serie A telah menuntaskan giornata ketujuh, akhir pekan lalu, Lazio bertengger di peringkat kesembilan di klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 11 poin. 

"Apabila dinyatakan bersalah dalam kasus ini, maka Lazio terancam mendapatkan sanksi pengurangan poin, dari paling sedikit satu poin hingga paling banyak tiga poin," tulis laporan Il Messaggero.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA