Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tak Ingin Kena Covid-19? Simak Tips Dr Gia Pratama Putra

Jumat 13 Nov 2020 18:25 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Sejumlah tenaga kesehatan berolahraga di taman Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Sejumlah tenaga kesehatan berolahraga di taman Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA
Dr Gia berpesan agar masyarakat tak takut dan tak remehkan virus penyebab Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dr Gia Pratama Putra membagikan tips agar terhindar dari risiko penularan Covid-19. Saat berbincang dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro, Gia mengungkapkan bahwa risiko infeksi virus bisa ditekan dengan meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan jumlah virus.

"Cara menurunkan risiko infeksi adalah dengan menurunkan jumlah virus dan menaikkan imunitas tubuh," kata Gia dalam diskusi bertajuk "Antara Pengobatan atau Pencegahan: Pilih Mana?", Jumat (13/11).

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, menurut Gia, masyarakat perlu memastikan kecukupan nutrisinya, termasuk dari konsumsi sayur dan buah. Selain itu, pastikan agar tubuh mendapatkan cukup waktu istirahat.

"Penelitian mengungkap, manusia bagus tidur antara enam hingga tujuh jam, tidur di awal sebelum pukul 11 dan bangun sebelum pukul 5," ujar Gia yang sehari-hari bertugas sebagai kepala Instalasi Gawat Darurat di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Gia mengingatkan, selain istirahat yang cukup, masyarakat juga perlu berolahraga. Lalu, dapatkan paparan sinar matahari pagi.

Gia berpesan kepada masyarakat agar tak takut terhadap virus penyebab Covid-19, namun juga tak meremehkan virus ini. Untuk menurunkan jumlah virus, orang perlu menjalankan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Terkait dengan vaksin Covid-19, dr Gia mengatakan vaksin merupakan salah satu segmen penting dalam imunitas tubuh. Vaksin ini terbagi dua, yang berasal dari virus/bakteri yang dilemahkan atau yang mati.

"Vaksin ini membuat tubuh kita lebih siap kalau ada virus yang masuk. Dan bisa mengalahkan tanpa menimbulkan gejala," jelas dia.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA