Jumat 13 Nov 2020 17:48 WIB

Generasi Milenial Mulai Soroti Peran Industri Jasa Keuangan

Menguasai teknologi, milenial jadi thought and opinion leaders.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Generasi milenial (ilustrasi). Saat ini peran industri jasa keuangan menjadi sorotan kaum milenial.
Foto: Flickr
Generasi milenial (ilustrasi). Saat ini peran industri jasa keuangan menjadi sorotan kaum milenial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini peran industri jasa keuangan menjadi sorotan kaum milenial. Secara umum, perusahaan yang bergerak industri ini telah bertatap muka dengan milenial, bahkan menjadi bagian yang integral dalam kehidupan milenial.

Lembaga Research & Consulting, Iconomics melakukan survei secara online kuantitatif di 10 kota besar di Indonesia. Responden terdiri dari tiga segmen usia milenial yakni Early (18-24 tahun), Mid-term (25-31 tahun), Late (32-37 tahun) dengan tiga segmen pendapatan rendah, menengah, dan tinggi.

Baca Juga

Hasilnya, kaum milenial adalah kelompok usia yang memiliki akses terbaik terhadap informasi. Kelompok ini sekaligus merupakan kelompok paling kritis terhadap perilaku bisnis dan politik. Adanya kemampuan memanfaatkan teknologi yang tinggi menjadikan milenial seagai Thought and Opinion Leaders.

"Kami memberikan penghargaan Financial Award 2020 (Millennials’ Choice) kepada 68 para pelaku industri jasa keuangan di Indonesia. Penghargaan kali ini memasuki Financial Award tahun kedua," ujar Director of Research The Iconomics Alex Mulya dalam keterangan resmi, Jumat (13/11).

Ia menyatakan, penghargaan ini diberikan berdasarkan riset Iconomics terhadap lebih dari 10 ribu milenial Indonesia pada September 2020. Iconomics Research menggunakan lima pendekatan dalam memilih perusahaan jasa keuangan yang layak diberikan apresiasi. 

Pertama, berdasarkan market domination. Kedua, berdasarkan brand awareness. Ketiga, berdasarkan brand image. Keempat, berdasarkan customer satisfaction dan kelima berdasarkan social economy contribution.

Alex menjelaskan, brand awareness melingkupi tingkat pengetahuan atau pengenalan responden atas perusahaan jasa keuangan penerima penghargaan.Brand Image merupakan tingkat persepsi responden atas kualitas brand perusahaan penerima penghargaan.

Kemudian customer service quality dilihat dari tingkat persepsi kualitas petugas customer service (call, chat, dan tatap muka). Social economy contribution dilihat dari tingkat persetujuan responden milenial perusahaan penerima penghargaan adalah perusahaan yang memiliki kontribusi sosial ekonomi yang tinggi.

"Melalui Financial Award 2020 yang berdasarkan cara pandang dari para milenial kiranya dapat memberikan insight kepada perusahaan-perusahaan finansial dalam mengambil kebijakan," kata Founder & CEO The Iconomics Bram S Putro. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement