Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Tip Jadi Youtuber Sukses Seperti Baim Wong

Jumat 13 Nov 2020 16:37 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Selebritas Baim Wong (kiri) saat menggulirkan kampanye Kalahkan Jarak. Baim termasuk Youtuber dengan peringkat tertinggi di Indonesia.

Selebritas Baim Wong (kiri) saat menggulirkan kampanye Kalahkan Jarak. Baim termasuk Youtuber dengan peringkat tertinggi di Indonesia.

Foto: Instagram
Baim Wong menyebut kreator harus membuat konten Youtube setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konten Youtube Indonesia sekarang sudah sangat beragam dan polanya sudah mulai berubah. Artis yang juga Youtuber, Baim Wong, mengatakan pola Youtube sekarang adalah upload setiap hari sehingga ide-ide harus cepat dan langsung dikerjakan.

Salah satu konten channel Youtube dari Baim Wong yang sempat ramai dibicarakan adalah giveaway. Ia menjelaskan, sebenarnya idenya untuk berbagi.
 
"Jadi ketika sponsor masuk, hal yang lumrah untuk kita pikirkan, apa yang bisa kita kasih ke mereka dan sebaliknya," ungkap Baim dalam sesi Ideatalks Ideafest 2020, Jumat (13/11).
 
Konten giveaway berawal ketika Baim mendapat banyak penghasilan dari adsense pada  Ramadhan tahun ini. Di Indonesia, dia termasuk Youtuber dengan peringkat tertinggi. Di mata Baim, apa yang ia miliki dari penghasilannya sebagian juga menjadi milik orang lain.
 
Awalnya, Baim mengerjakan giveaway itu semuanya seorang diri selama tiga bulan dan ternyata itu cukup menguras tenaga, waktu, dan uang. Baru setelah itu, ia bekerja sama dengan sponsor yang memang tidak ia pungkiri ada benefit bagi keduanya, namun dalam hal ini tidak ada yang dirugikan.
 
"Cuma terkadang niat kita paling terdalam itu nggak bisa dibuka ke permukaan ya. Jadi terserah mau bilang apa, yang penting saya bantu dan orang yang saya bantu juga senang. Saya nggak baca comment, karena saya setiap hari ketemu orang macam-macam, nggak mau berpikir buruk," papar dia.

Sementara itu, Baim mencermati, banyak content creator terlalu lama memikirkan konsep, kamera apa yang digunakan, dan akhirnya tidak jadi mengeksekusi ide. Sementara pola Youtube saat ini yang harus upload setiap hari, menuntut Youtuber untuk berpikir kreatif dan cepat.
 
"Lakuin aja yang kalian suka dulu. Misalnya suka traveling, game, atau lainnya, langsung bikin. Karena saya percaya 65 persen hasil kita itu dari kerja keras dan 35 persen faktor luck,” ucap Baim.
 
Menurut Baim, semua Youtuber punya kontennya masing-masing, punya penonton, dan penggemarnya masing-masing. Di lain sisi, banyak yang membuat Youtube untuk menghasilkan uang, sementara motivasi awal Baim ialah menyimpan kenang-kenangan dirinya lewat video untuk hari tua.
 
“Uang akan ngikutin ketika kita berusaha keras. Kalaupun kolaborasi juga kita harus sudah punya video di channel kita. Jadi ketika collab, orang akan lihat apa aja sih isi channel kita. Kalau menarik orang akan subscribe kalau tidak ya orang akan tinggal,” kata Baim.
 
Baim mengatakan, untuk menjadi Youtuber, orang harus memiliki lima hal ini:
- Jangan sampai niatnya keliru. Artinya, hanya mikirin uang dan uang.
- Jangan kebanyakan mikir karena akan keduluan orang.
- Pilih konten yang disukai, kerjakan dengan serius dan tulus.
- Beri rasa diri sendiri pada video, bukan rasa editor.
- Hasil akan mengikuti usaha dalam sebuah karya.
 

 
 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA