Jumat 13 Nov 2020 15:59 WIB

Dekan Vokasi IPB: Ketahanan Pangan Penting di Masa Pandemi

Makanan itu lebih dari apa yang kita makan.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto.
Foto: Dok IPB University
Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto menegaskan pentingnya menjaga ketahanan pangan selama pandemi dan memahami bagaimana konsekuensi serta dampak secara luas dari pandemi Covid-19. Meningkatnya pengangguran di antara pekerja formal dan informal menyebabkan penurunan daya beli, yang selanjutnya meningkatkan risiko kerawanan pangan dan malnutrisi dalam jangka menengah hingga panjang.

Mayoritas penduduk miskin (40 persen penduduk terbawah), bekerja di sektor informal dan di sektor-sektor yang diperkirakan terkena dampak pandemi dengan tingkat tinggi hingga sedang. Ada indikasi rumah tangga mengurangi konsumsi akibat pembatasan sosial, termasuk pembatasan pergerakan dan operasi bisnis.

Menurut Dr Arief, wabah Covid-19 sebagai pandemi global menimbulkan kompleksitas, ketidakpastian dan evaluasi yang menjadi ciri tantangan besar. Dan mengatasi pandemi global semacam ini tentu membutuhkan kontribusi yang terpadu dan berkelanjutan dari berbagai disiplin ilmu di seluruh dunia.

“Singkatnya, ini adalah tantangan global karena ini bukan hanya tentang makanan dan memberi makan orang, tetapi juga tentang hampir semua aspek ekonomi dan masyarakat. Hal tersebut juga menyebabkan banyak aspek mulai dari globalisasi, konflik, kemiskinan dan perubahan iklim,” ujarnya saat menjadi Keynote Speakers pada acara The First International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICoSHIP) bertema "Transformation of Human Behavior during the COVID-19 Outbreaks: Challenges for Future Global Well-being" yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jember, pekan lalu.

Menurutnya, makanan itu lebih dari apa yang kita makan. “Makanan saling berhubungan dengan semua aspek kehidupan kita seperti air, tanah, energi, budaya, pekerjaan, teknologi, ekonomi, kebijakan dan keluarga,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sebelumnya, kata dia, sistem pangan baru mencakup enam aspek: efisien, inklusif, cerdas iklim, berkelanjutan, gizi dan kesehatan, serta ramah bisnis. “Sistem Pangan 2021 harus bisa menyelesaikan permasalahan saat ini dan harus menawarkan titik balik dalam upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah cetak biru untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk semua,” paparnya.

Ia menjelaskan, analisis komparatif yang menarik tentang penilaian kinerja Ketahanan Pangan dapat dilakukan melalui “Indeks Ketahanan Pangan Global” yang inovatif, yang dikembangkan oleh The EIU. Indeks ini mempertimbangkan masalah inti dari keterjangkauan, ketersediaan, dan kualitas di 113 negara.

Indeks ini adalah model pembandingan kuantitatif dan kualitatif yang dinamis, yang disusun dari 34 indikator unik, yang mengukur pendorong ketahanan pangan ini di negara berkembang dan negara maju. “Indeks ini adalah yang pertama untuk memeriksa ketahanan pangan secara komprehensif di tiga dimensi yang ditetapkan secara internasional. Selain itu, indeks ini melihat di luar kelaparan, faktor-faktor mendasar yang memengaruhi kerawanan pangan,” tuturnya.

Dr Arief menyebutkan, Indeks Ketahanan Pangan Global sekarang memasukkan faktor penyesuaian pada sumber daya alam dan ketahanan. Kategori ini menilai keterpaparan suatu negara terhadap dampak perubahan iklim. Seperti kerentanannya terhadap risiko sumber daya alam dan bagaimana negara tersebut beradaptasi dengan risiko ini.

Pandemi Covid-19, kata Arief,  mungkin berdampak pada gangguan pasar dan mata pencaharian serta kemampuan dunia yang paling rentan untuk mendapatkan penghasilan dan memberi makan keluarga. Diperkirakan tingkat akurasi kerawanan pangan diperkirakan meningkat dua kali lipat tahun ini karena Covid-19.

Selain itu, berimplikasi juga pada kerugian dan pemborosan pangan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Kerugian rantai pasokan dapat meningkat dalam jangka pendek karena kemacetan logistik dan kontraksi permintaan untuk makanan yang mudah rusak yang sering dikonsumsi jauh dari rumah (misalnya susu, telur, dan ikan segar).

Limbah konsumen dapat meningkat dengan menimbun dan membeli secara panik, meskipun sebagian besar pembelian ini dilakukan untuk barang-barang yang berumur lebih lama, seperti tepung dan pasta. Sebaliknya, limbah restoran, misalnya dari kebutuhan untuk menawarkan pilihan menu, akan dihilangkan.

Dalam jangka panjang, sektor makanan dapat mengidentifikasi cara yang lebih baik untuk mengelola persediaan, dan konsumen juga dapat menilai kembali kebiasaan belanja dan konsumsi mereka, dengan tujuan untuk mengurangi limbah. Dalam dunia yang semakin kompleks dan tidak pasti, keamanan pasokan pangan terancam oleh banyak faktor. Ini termasuk berbagai proses perubahan global, guncangan tak terduga, dan respons tak terduga dari sistem pangan itu sendiri terhadap proses dan peristiwa ini.

“Ketahanan pangan adalah masalah multi-dimensi yang kompleks. Untuk memastikan ketahanan pangan sekarang dan di masa depan, negara-negara perlu memastikan harga makanan terjangkau, cukup tersedia untuk populasi mereka, dan memenuhi kebutuhan diet mereka. Ada tiga pendekatan utama untuk meningkatkan ketahanan sistem pangan antara lain menyesuaikan aktivitas sistem pangan, mengadaptasi faktor pendorong yang membentuk pilihan dan keputusan pelaku sistem pangans serta menyesuaikan pandangan dunia kita tentang apa yang kita inginkan dari sistem pangan,” ujarnya

Dr Arief berharap ke depan, semua pihak berfokus pada kerangka roda sistem pangan yang berpusat pada tujuan utama FAO. Yakni mencakup pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan dan gizi. Ini tertanam dalam kinerja sistem yang lebih luas, mengacu pada tiga dimensi keberlanjutan: ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Kinerja tersebut ditentukan oleh perilaku berbagai pelaku atau perilaku pemangku kepentingan dalam sistem pangan (berpusat pada orang). Perilaku ini pada gilirannya terjadi dalam struktur sistem, yang terdiri dari sistem inti, unsur masyarakat dan unsur alam. Sistem inti mencakup lapisan aktivitas yang melaluinya produk makanan mengalir (produksi, agregasi, pemrosesan, distribusi dan konsumsi, termasuk pembuangan limbah) dan lapisan layanan yang mendukung aliran tersebut,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement