Jumat 13 Nov 2020 14:05 WIB

Universitas ARS Gelar Wisuda Drive-thru di Tengah Pandemi

Wisuda Drive-thru ini dilaksanakan di kampus Universitas ARS.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Universitas ARS gelar wisuda drive thru di tengah pandemi covid-19.
Foto: Istimewa
Universitas ARS gelar wisuda drive thru di tengah pandemi covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (U-ARS) menyelenggarakan Wisuda dan Angkat Sumpah Program Profesi Ners Angkatan XII di Kampus Univeritas Adhirajasa Reswara Sanjaya. Prosesi wisuda dan angkat sumpah kali ini berkonsep unik karena berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Menurut Wakil Rektor Non-Akademik, Maxsi Ary, karena masih terbentur dengan pandemi Covid-19, maka konsep wisuda kali ini mengusung Drive Thru. "Sebetulnya banyak konsep wisuda yang saat ini banyak dilakukan oleh Perguruan Tinggi dari mulai wisuda secara online atau wisuda Drive Thru," ujar Maxsi dalam siaran persnya, Jumat (13/11). 

photo
Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (U-ARS) menyelenggarakan Wisuda dan Angkat Sumpah Program Profesi Ners Angkatan XII di Kampus Univeritas Adhirajasa Reswara Sanjaya. - (istimewa)

Namun, Universitas ARS cenderung memilih pelaksanaan wisuda secara Drive Thru, tentu dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Maxsi mengatakan, wisuda Drive Thru sendiri dilaksanakan dikampus Universitas ARS, pada kegiatan tersebut para wisudawan berada dalam kendaraannya masing-masing. 

Kemudian, MC akan memanggil mereka satu persatu. Pada saat prosesi penyematan serta pemberian ijazah, para wisudawan diminta untuk turun dari kendaraan mereka untuk dilakukan penyematan oleh Rektor serta menerima ijazah mereka. 

"Tentunya semua prosesi tersebut tetap mengindahkan protokol kesehatan," katanya. 

Menurut Rektor Universitas ARS Prof Dr H. Purwadhi, M.Pd, tahun ini ada 26 wisudawan Program Profesi Ners yang megikuti prosesi wisuda dan angkat sumpah. Pada dasarnya sebetulnya ini bukanlah wisuda pertama bagi mereka, melainkan wisuda yang kedua kalinya. 

Namun, kata dia, tentu pengalaman yang dirasakan jauh berbeda karena pada wisuda sebelumnya mereka Lulus sebagai Sarjana Keperawatan setelah 4 tahun proses kuliah. Saat ini mereka diwisuda dan angkat sumpah program profesi Ners.

"Yang artinya mereka sudah siap untuk berkontribusi dan mengabdi kepada masyarakat sebagai seorang perawat secara profesional," katanya. 

Dalam prosesi Wisuda dan Angkat Sumpah turut hadir pula DPW PPNI Provinsi Jawa Barat yang kali ini diwakili oleh Ibu Yanti Budiyanti, S.Kep., Ners., MM yang memimpin para wisudawan dalam prosesi Angkat Sumpah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement