Jumat 13 Nov 2020 05:45 WIB

Kacang Kenari Ternyata Bisa Tangkal Peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan akar penyebab dari berbagai gangguan kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Para ilmuwan menemukan lebih banyak bukti mengenai khasiat kacang kenari untuk menjaga kesehatan (Foto: kacang kenari)
Foto: Pikrepo
Para ilmuwan menemukan lebih banyak bukti mengenai khasiat kacang kenari untuk menjaga kesehatan (Foto: kacang kenari)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para ilmuwan menemukan lebih banyak bukti mengenai khasiat kacang kenari untuk menjaga kesehatan. Menurut penelitian terbaru, kacang pohon ini sangat baik dimasukkan dalam daftar menu harian sebagai penangkal peradangan.

Studi sebelumnya telah mengaitkan kenari dengan peningkatan kesehatan usus dan jantung, menjaga kesehatan selama proses penuaan, dan berpotensi mencegah kanker payudara. Melengkapi hasil itu, laporan baru melihat fungsinya untuk antiradang.

Baca Juga

Peradangan atau inflamasi merupakan akar penyebab dari berbagai gangguan kesehatan. Pada studi yang terbit pekan lalu di Journal of American College of Cardiology, tim peneliti melakukan analisis terhadap berbagai data dari studi yang sudah ada.

Analisis dilakukan untuk melihat apakah biomarker inflamasi dipengaruhi oleh diet yang diperkaya kenari. Penelitian aslinya, berjudul Kenari dan Penuaan Sehat, pertama kali diterbitkan delapan tahun lalu.

Menurut temuan baru, konsumsi kenari secara rutin setiap hari terkait dengan penurunan konsentrasi biomarker inflamasi, yang telah dianggap sebagai "hasil sekunder" dalam data asli. Studi kemudian ditindaklanjuti selama periode dua tahun.

Kelompok sampel dalam penelitian baru terdiri dari 700 orang, yang berusia antara 63 sampai 79 tahun. Tim peneliti menganalisis kesehatan kognitif mereka, beserta sejumlah tanda penuaan lainnya.

Pada seluruh analisis 10 biomarker berbeda, metaanalisis melihat bahwa mereka yang melakukan diet kenari menunjukkan penurunan signifikan di enam biomarker. Hasil itu dikomparasikan dengan kelompok kontrol.

Kacang kenari memiliki nutrisinya yang padat. Pakar nutrisi Alanna Waldron yang tidak terlibat dengan studi, menginformasikan bahwa kenari digolongkan sebagai salah satu jenis kacang tersehat dari kacang-kacangan lain.

"Kenari mengandung asam lemak omega-3 esensial dalam bentuk alpha-linolenic acid (ALA), yang berperan dalam fungsi otak, terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung dan menurunkan peradangan dalam tubuh," tuturnya.

Cara menikmatinya pun bermacam-macam. Kenari bisa dijadikan taburan pada salad buah, serta dicampur dengan yogurt. Kenari juga lezat menjadi tambahan brownies dan sebagai campuran roti pisang, dikutip dari laman Mind Body Green, Kamis (12/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement