Jumat 13 Nov 2020 03:47 WIB

Google Photos Akhiri Layanan Gratis Penyimpanan tak Terbatas

Tak perlu khawatir karena data-data yang diunggah sebelumnya tidak akan terdampak.

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Google Photos. Ilustrasi
Foto: CNN
Google Photos. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Google Photos mengakhiri kebijakan penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto dan video. Hal Ini diumumkan pada Rabu (11/11).

Dilansir CNet.com, mulai 1 Juni 2021, setiap foto dan video baru yang diunggah akan dihitung dalam 15 GB penyimpanan gratis yang disertakan di setiap akun Google. Namun, tidak perlu khawatir karena data-data yang diunggah sebelumnya tidak akan terdampak.

Langkah terbaru Goodle ditujukan mendorong orang-orang mendaftar ke layanan penyimpanan secara berlangganan, Google One. Paket Google One dikenakan biaya Multi dari 2 dolar AS per bulan untuk penyimpnan hingga 100 GB.

Harga tersebut juga termasuk untuk penyimpanan hingga 100 GB dan fitur lainnya seperti diskon Google Store. Sebaiknya pastikan foto dan video Anda saat ini telah dibacked up atau dicadangkan terlebih dahulu di Google Photos sebelum Juni 202, karena itu akan dianggap gratis dan dibebaskan dari batas penyimpanan. Anda dapat memeriksa kualitas cadangan Anda di aplikasi Foto dengan membuka menu pengaturan kemudian back up dan sync (sinkronisasi).

Setelah perubahan diterapkan, lebih dari 80 persen pengguna Google Photos saat ini masih dapat menyimpan konten sekitar tiga tahun dengan 15GB gratis yang diberikan. Google akan memberi tahu Anda di aplikasi dan melalui email setelah Anda hampir mencapai batas 15GB dan juga dapat menemukan perkiraan berapa lama penyimpanan gratis Anda dapat bertahan, berdasarkan seberapa sering Anda membackup foto dan video ke Akun Google.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement