Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Cari Planet 9, Ilmuwan Temukan Objek Lebih Jauh dari Pluto

Kamis 12 Nov 2020 11:34 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Foto Pluto yang dirilis NASA

Foto Pluto yang dirilis NASA

Foto: NASA/The independent
Objek jauh ini mungkin terpengaruh oleh planet X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan menemukan objek yang sangat jauh miliaran kilometer di luar Pluto. Objek tersebut memiliki orbit yang mengisyaratkan 'Super-Earth' yang lebih jauh atau mungkin juga Planet X yang berukuran lebih besar.

Persatuan Astronomi Internasional mengatakan ada objek yang dijuluki dengan nama Goblin. Goblin ditemukan sebagai bagian dari perburuan astronom terhadap planet kerdil yang tidak diketahui dan planet X, alias planet sembilan. Saat ini ilmuwan belum menemukan planet sembulan yang dihipotesiskan memiliki massa sekitar 10 kali lipat dari Bumi.

Menurut Badan Antariksa AS (NASA), keberadaan dunia yang jauh ini hanya bersifat teoritis pada saat ini. Belum ada pengamatan langsung terhadap objek yang dijuluki ini. Penelitian baru yang dipimpin oleh Carnegie Institution for Science adalah survei terbesar dan terdalam yang dilakukan untuk objek tata surya yang jauh.  

"Benda-benda yang jauh ini seperti remah roti yang membawa kami ke Planet X," kata Astronom Scott Sheppard dari Carnegie Institution yang dikutip dari Usatoday, Kamis (12/11).

Objek tersebut, batu selebar 200 mil dengan nama 2015 TG387. Objek ini berjarak sekitar 7,9 miliar mil dari matahari. Itu sekitar dua setengah kali lebih jauh dari matahari seperti Pluto.

"Kami pikir mungkin ada ribuan benda kecil seperti 2015 TG387 di pinggiran tata surya tetapi jarak mereka membuat mereka sangat sulit untuk menemukannya," kata anggota tim peneliti dari Universitas Hawaii,
David Tholen.

Teleskop di Chili, Hawaii, dan Arizona digunakan untuk menemukan dan memastikan keberadaan objek yang jauh. Ini bukanlah penemuan pertama yang dibuat oleh kelompok peneliti ini. Tahun ini, saat mencari Planet X lagi, tim menemukan 12 bulan tambahan milik Jupiter.

"Apa yang membuat hasil ini sangat menarik adalah bahwa Planet X tampaknya memengaruhi TG387 2015 dengan cara yang sama seperti semua objek tata surya yang sangat jauh lainnya," kata peneliti Chad Trujillo dari Northern Arizona University.  

Simulasi ini, kata dia, tidak membuktikan bahwa ada planet masif lain di tata surya. Namun, ini adalah bukti lebih lanjut bahwa sesuatu yang besar mungkin ada di luar sana. Temuan itu diserahkan untuk dipublikasikan ke Astronomical Journal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA