Kamis 12 Nov 2020 10:23 WIB

Raja Salman Minta Dunia Ambil Sikap Terhadap Iran

Raja Salman menyebut Arab Saudi menekankan bahaya proyek Iran

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz
Foto: AP/Amr Nabil
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz meminta dunia untuk mengambil 'sikap pasti' terhadap upaya pengembangan nuklir dan program rudal balistik Iran. Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan tahunan dengan dewan penasihat pemerintah.

"Kerajaan menekankan bahaya proyek regional Iran, ini mengintervensi negara lain, memelihara terorisme, mengipasi api sektarianisme, ini upaya memiliki senjata pemusnah massal," kata Raja Salman pada anggota Dewan Shura via sambungan video, Kamis (12/11).

Baca Juga

Itu adalah penampilan publik pertama Raja Salman setelah Sidang Umum PBB bulan September lalu. Dalam pidato yang juga menggunakan sambungan video itu, ia  menyerang Iran.

Selama puluhan tahun Arab Saudi yang Sunni dan Iran yang Syiah memperebutkan pengaruh di Timur Tengah. Keduanya selalu mendukung pihak yang berlawanan di setiap konflik di kawasan mulai dari Suriah hingga Yaman.

Ketegangan meningkatkan sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2018 lalu. Kemudian memberlakukan kembali sanksi ekonomi ke Iran. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement