Rabu 11 Nov 2020 21:26 WIB

Alibaba Yakinkan Paket dari Luar Negeri Bebas Covid-19

Alibaba menggelar Festival Belanja Global 11.11.

Alibaba. Untuk memastikan paket barang yang dibeli konsumen terbebas dari Covid-19, Alibaba melakukan praktik sanitasi dan tindakan pencegahan di gudang luar negeri.
Foto: EPA
Alibaba. Untuk memastikan paket barang yang dibeli konsumen terbebas dari Covid-19, Alibaba melakukan praktik sanitasi dan tindakan pencegahan di gudang luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Head of Logistics Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba, Sun Jian, memastikan paket barang yang dikirimkan dari luar negeri terbebas dari virus corona. Pihaknya menerapkan tindakan pencegahan Covid-19 sejak dari gudang.

"Kami melakukan sanitasi serta tindakan pencegahan Covid-19 di gudang luar negeri," ujar Sun dalam konferensi pers virtual Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Group, Rabu.

Baca Juga

Untuk memastikan keamanan, Sun mengatakan, gudang Alibaba juga mengikuti protokol kesehatan, seperti yang diterapkan saat momen belanja Tahun Baru Imlek. Semua personel akan melakukan pengecekan suhu, dan akan ada sanitasi rutin, serta wajib memakai masker.

"Kami juga menyediakan alat pelindung diri untuk personel pengiriman," kata Sun.

Sementara itu, Sun mengatakan, paket yang datang dari luar China juga disanitasi. Bea Cukai China juga akan menjalankan tes mengingat kasus baru juga terjadi di China, termasuk di Shanghai.

Untuk pengiriman paket dalam Festival Belanja Global 11.11 tahun ini, Alibaba mengubah cara pengiriman. Penjual harus dapat mengirim pesanan barang dalam waktu 48 jam setelah pesanan dilakukan.

Menurut Sun, sebagian besar penjual telah dapat memenuhi kebijakan pengiriman tersebut. Tidak hanya itu, Alibaba juga memangkas alur jaringan logistik.

"Jalur utama logistik kami berjalan dengan efisiensi 20 hingga 30 persen lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Sun.

Lebih lanjut, Sun mengungkapkan, sebelumnya kurir harus mengirimkan paket pesanan hingga depan pintu konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir, Alibaba menyediakan stasiun penjemputan barang mandiri menyusul tingginya jumlah pengiriman paket.

"Dengan cara ini menjadi lebih efisien dari sebelumnya karena konsumen dapat pergi ke stasiun tersebut untuk mengambil paket mereka," ujar Sun.

Adanya stasiun penjemputan barang mandiri membuat Alibaba mengalami peningkatan efisiensi dalam hal kedatangan barang pengiriman sebesar 15 hingga 20 persen. Pengiriman menjadi 24 jam lebih cepat dari sebelumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement