Rabu 11 Nov 2020 15:56 WIB

Apple Rilis Perangkat dengan Chip M1, Apa Keunggulannya?

Apple merilis macbook pertama yang tidak menggunakan prosesor Intel.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi MacBook
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi MacBook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah mengeluarkan beberapa produk tahun ini. Dalam waktu dekat, dua MacBook baru dan Mac Mini akan segera dirilis. Produk baru Apple ini akan membawa sesuatu yang baru yakni chip silikon M1 yang dibuat khusus dari Apple.

Berikut beberapa keunggulan dari chip M1 ini dilansir di Mashable, Rabu (11/11):

Baca Juga

Peningkatan kinerja dan masa pakai baterai

Menurut Apple, dengan M1, pengguna akan mendapatkan delapan core yang diharapkan dapat menyamai 'performa maksimum PC' dengan hanya menggunakan 25 persen daya. Kemampuan M1 disebut dapat mempercepat beberapa fungsi seperti pengeditan video dan foto berkat kekuatan pemrosesan yang ditingkatkan.

Performa game meningkat

Sebelumnya Mac tidak pernah menjadi platform game yang sangat populer. Apple mengklaim Mac Mini baru yang didukung M1 membuat grafik enam kali lebih cepat dari sebelumnya. Game Baldur's Gate 3 digunakan sebagai contoh game yang bekerja dengan baik di M1.

Mengingat sejarah buruk Apple dengan game, fungsi ini masih harus dilihat lagi. Para gamer yang serius mungkin sudah memiliki konsol atau PC yang bagus.

Bisa digunakan di mana saja

Perubahan besar M1 terakhir adalah perangkat M1 seperti MacBook dan Mac Mini baru dapat menjalankan aplikasi iPhone dan iPad, bukan hanya aplikasi Mac.

Jika ada sesuatu yang benar-benar Anda suka gunakan di iPhone Anda, seperti cuaca alternatif atau aplikasi navigasi, Anda secara teoritis dapat menginstalnya pada mesin yang mendukung M1.

Namun, Apple masih belum mengungkapkan apakah M1 benar-benar chip yang unggul atau hanya karena ingin menghentikan kerjasama dengan Intel.  Tetapi jika beberapa keunggulan ini benar, penggemar Mac akan mendapatkan peningkatan kinerja yang besar di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement