Rabu 11 Nov 2020 14:45 WIB

Hadapi Kualifikasi PD, Brasil Dihantui Cedera Pemain

Juara Copa America Brazil akan menjamu Venezuela di Sao Paulo

Tite.
Foto: EPA-EFE/Marcelo Sayao
Tite.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO — Brazil menghadapi pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 pada pekan ini dengan kondisi mereka masih diganggu masalah cedera pemain, sedangkan Argentina berharap dapat melanjutkan start sempurnanya saat bertemu Paraguay.

Juara Copa America Brazil akan menjamu Venezuela di Sao Paulo pada Jumat (13/11), dengan target mengincar kemenangan setelah sebelumnya sukses menekuk Bolivia dan Peru.

Sayangnya pelatih Brazil Tite tidak akan dapat mengandalkan Neymar, sebab pemain termahal di dunia itu mengalami cedera paha saat memperkuat PSG memainkan pertandingan Liga Champions bulan lalu.

Neymar mengukir trigol saat Brazil menang 4-2 atas Peru di Lima pada bulan lalu. Torehan itu sekaligus membuatnya melampaui Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak peringkat kedua untuk Brazil. Koleksi 64 gol Neymar kini terpaut 13 gol dari rekor Pele.

Meski kurang bugar, Neymar tetap akan berangkat bersama skuat timnas, sambil berharap ia dapat pulih tepat waktu saat Brazil melawat ke Uruguay pada 17 November.

Walau demikian, koordinator timnas Juninho Paulista mengatakan Tite sempat menyampaikan kepada direktur olahraga PSG Leonardo bahwa ia "tidak akan mengambil risiko terhadap kesehatan sang pemain."

Bek Thiago Silva telah memperkokoh lini belakang Chelsea sejak ia merapat ke Inggris, namun pemain 36 tahun itu memperingatkan padatnya jadwal kompetisi global dapat merugikan para pemain.

"Anda harus terus berinvestasi ke diri sendiri. Kami kehilangan sejumlah pemain karena COVID-19, atau yang lainnya cedera karena kami memainkan begitu banyak pertandingan. Kami bukan mesin," ucapnya seperti dikutip AFP.

"Kami melihat studi-studi belakangan menampilkan bahwa Anda berpeluang lebih besar cedera setelah memainkan empat atau lima pertandingan (setiap tiga hari). Itu sangat mencemaskan kami," tambahnya.

Saat kiper Alisson Becker dan penyerang Gabriel Jesus kembali dari cedera, Brazil masih akan kehilangan Casemiro, Philippe Coutinho, dan Fabinho.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement