Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Laporan: Militan ISIS Penggal Kepala 50 Orang di Afrika

Rabu 11 Nov 2020 11:33 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

ISIS dilaporkan memenggal kepala 50 warga di Mozambik utara Ilustrasi Kelompok ISIS

ISIS dilaporkan memenggal kepala 50 warga di Mozambik utara Ilustrasi Kelompok ISIS

Foto: Foto : MgRol112
ISIS dilaporkan memenggal kepala 50 warga di Mozambik utara

REPUBLIKA.CO.ID, CABO DELGADO – Provinsi Cabo Delgado di Mozambik, yang kaya akan gas telah menjadi lokasi beberapa serangan militan ekstremis terkait ISIS yang dilakukan sejak 2017. 

Setidaknya 50 orang telah dipenggal militan tersebut di Mozambik utara, menurut beberapa laporan BBC yang dilansir di Fox News, Rabu (11/11). Dalam laporan itu disebutkan, para militan, yang diduga terkait dengan ISIS, melakukan serangkaian serangan ke desa-desa di negara itu dalam beberapa hari terakhir. 

Di sebuah desa memperlihatkan lapangan sepak bola berubah menjadi tempat eksekusi di mana para penyerang memenggal kepala dan mencincang tubuh.

Baca Juga

Komandan Jenderal Polisi Mozambik, Bernardino Rafael, mengatakan selama pengarahan bahwa penyerang menculik wanita dan anak-anak serta membakar rumah. 

"Mereka membakar rumah-rumah kemudian mengejar penduduk yang melarikan diri ke hutan dan memulai dengan tindakan mengerikan itu," kata dia. 

Korban tewas selama konflik itu mencapai 2.000 orang, sedangkan sekitar 430 ribu lainnya kehilangan tempat tinggal. Dalam serangan terbaru, orang-orang bersenjata meneriakkan "Allahu Akbar," melepaskan tembakan, dan membakar rumah-rumah ketika mereka menggerebek desa Nanjaba pada Jumat malam.

Sekelompok pejuang terpisah menyerang desa Muatide, di mana mereka memenggal lebih dari 50 orang. Pemerintah Mozambik telah meminta bantuan internasional untuk menghentikan pemberontakan, karena banyak yang menyerukan diakhirinya konflik secara damai.

Pekan lalu, sedikitnya 40 orang yang melarikan diri dari kekerasan ekstremis di Mozambik utara tenggelam ketika kapal mereka tenggelam.

Sumber: https://www.foxnews.com/world/militant-islamists-behead-at-least-50-people-in-africa-reports 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA