Rabu 11 Nov 2020 06:10 WIB

Arkeolog Temukan Koin Emas Dinasti Fatimiyah di Yerusalem

Koin diduga berasal dari Dinasti Fatimiyah yang dicetak lebih dari 1.000 tahun lalu

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Empat koin emas murni ditemukan di Kota Tua Yerusalem.
Foto: Al Arabiya
Empat koin emas murni ditemukan di Kota Tua Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Arkeolog Israel menemukan empat koin emas murni di Kota Tua Yerusalem. Koin tersebut dikatakan berasal dari Dinasti Fatimiyah yang dicetak lebih dari 1.000 tahun  lalu.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan, koin-koin itu ditemukan dalam penggalian di dekat Tembok Barat, yang merupakan situs paling suci tempat orang Yahudi berdoa.

"Koin tersebut ditemukan dalam sebuah kendi kecil, dalam pengawetan yang sangat baik dan segera dapat diidentifikasi bahkan tanpa pembersihan," kata spesialis IAA, Robert Kool dalam sebuah pernyataan dilansir dari Alarabiya, Selasa (10/11).

Menurut Kool, koin tersebut berasal dari tahun 940 hingga 970 di era pergolakan politik di Yerusalem dan wilayah sekitarnya. Selama periode itu, kekhalifahan Suni Abbasiyah yang berkantor pusat di Baghdad, kehilangan kendali atas Yerusalem karena persaingannya dengan Dinasti Syiah Fatimiyah Afrika Utara, yang jatuh pada abad ke-12.

"Ini pertama kalinya dalam lima puluh tahun, koin emas dari periode Fatimiyah ditemukan di Kota Tua Yerusalem," kata Kool.

Ekskavator Israel terakhir kali menemukan emas dari periode Fatimiyah tidak lama setelah Perang Enam Hari 1967, yang membuat Israel menguasai Yerusalem timur dari Yordania, sebelum mencaploknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement