Selasa 10 Nov 2020 10:23 WIB

McDonald's Segera Hadirkan Burger Bebas Daging

McPlant dari McDonald's dihadirkan untuk menggaet vegetarian.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perusahaan pembuat daging vegetarian, Impossible Foods, sempat memasok bahan untuk McDonalds. McDonalds berencana menghadirkan burger tanpa daging pada 2021.
Foto: Needpix
Perusahaan pembuat daging vegetarian, Impossible Foods, sempat memasok bahan untuk McDonalds. McDonalds berencana menghadirkan burger tanpa daging pada 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Perusahaan makanan cepat saji McDonald's berencana menghadirkan burger tanpa daging pada 2021. Menu yang akan bernama McPlant itu menggunakan bahan dasar nabati dan disajikan untuk menggaet vegetarian.

Belum ada informasi jelas apakah burger tanpa daging itu akan tersedia di seluruh gerai McDonald's seluruh dunia atau hanya eksklusif di Amerika Serikat dan Inggris. McPlant juga termasuk menu pengganti ayam dan sandwich sehat untuk sarapan.

Baca Juga

Presiden McDonald's Internasional, Ian Borden, mengatakan pada Senin (9/11) bahwa McPlant diciptakan oleh McDonald's untuk McDonald's. Perusahaan sudah menguji burger tanpa daging dengan menu awal Plant, Lettuce, Tomato (PLT).

Menu PLT sudah disajikan untuk pengunjung di lusinan gerai McDonald's Ontario, Kanada, September 2019. Namun, pada April 2020 menu tersebut tidak lagi tersedia dan perusahaan belum terpikir untuk membawa kembali PLT.

Uji menu PLT menggunakan bahan pengganti daging dari Beyond Meat, produsen yang berbasis di Los Angeles. Mantan CEO McDonald's Don Thompson merupakan investor awal untuk perusahaan tersebut dan masih duduk di dewan pimpinannya.

Meskipun McDonald's telah menemukan kesuksesan internasional dengan uji kehadiran menu burger tanpa daging, raksasa makanan cepat saji itu harus menghadapi banyak pesaing. Beberapa restoran cepat saji sudah terlebih dulu memiliki menu serupa.

Tahun lalu, Burger King AS merilis Impossible Whopper, burger tanpa daging dengan bahan nabati buatan Impossible Foods. Carl's Jr dan Del Taco juga menyediakan menu nabati untuk pelanggan sejak 2019, dikutip dari laman The Sun, Selasa (10/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement