Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Tujuh Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting

Senin 09 Nov 2020 10:44 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Asuransi jiwa memberi berbagai manfaat.

Asuransi jiwa bisa dikatakan kalah populer bila dibandingkan asuransi kesehatan. Tak heran kalau banyak orang yang masih belum punya asuransi jiwa. Mereka menganggap asuransi ini kurang penting dan hanya diperuntukkan bagi orang-orang berduit saja.

Namun, kenyataannya adalah sebaliknya. Asuransi jiwa memberi berbagai manfaat. Bukan untuk Anda, melainkan untuk orang-orang yang nantinya ditinggal pergi bila Anda sudah tiada.

Berikut beberapa alasan mengapa asuransi jiwa itu penting dimiliki mulai dari sekarang. Yuk, disimak agar Anda tidak mengabaikannya lagi!

 

1. Sebagai penopang keuangan keluarga

asuransi sebagai penopang keluarga

Jika Anda adalah tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa ini akan sangat berguna saat Anda sudah pergi dari dunia ini. Perusahaan asuransi akan mencairkan premi yang Anda bayarkan dalam bentuk uang tunai, dan akan diserahkan sepenuhnya kepada keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup.

Coba bayangkan bila Anda tidak memiliki asuransi jiwa, maka kasihan keluarga yang ditinggalkan nanti. Mereka harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan rela tidak makan karena tidak ada uang.

2. Uangnya dapat digunakan untuk membayar utang

bayar utang

Anda punya utang kartu kredit atau KTA? Keluarga yang ditinggalkan tidak perlu khawatir karena utang-utang tersebut dapat dikover dari premi yang selama ini Anda bayarkan ke perusahaan asuransi. Utang bisa lunas atau tidak, tergantung dari besarnya premi yang dulunya dibayar setiap bulan.

Tetapi, setidaknya keluarga terbantu dengan adanya asuransi jiwa ini. Kalaupun mereka harus membayar sisanya, bisa dipastikan lebih kecil dari yang seharusnya. Dengan begini, keluarga tidak terlalu pusing memikirkan cara membayar cicilan sampai lunas nanti.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Jiwa dari Premi Murah sampai Bisa sebagai Tabungan

3. Dapat mengatasi ketergantungan finansial

ketergantungan finansial

Sebagai tulang punggung, Anda tentu tidak membiayai kebutuhan diri sendiri saja, tapi juga membiayai keluarga bahkan orang tua sendiri. Ya, mereka sangat tergantung pada Anda. Dan ketika sudah tiada, Anda bisa bayangkan seperti apa nasib keluarga yang ditinggalkan.

Maka dari itu, asuransi jiwa adalah produk keuangan yang pas untuk dimiliki. Setidaknya asuransi jiwa dapat mengatasi tingkat ketergantungan keluarga di awal-awal saat ditinggalkan oleh Anda. Hingga pada akhirnya mereka akan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

4. Berfungsi sebagai simpanan jangka panjang

simpanan jangka panjang

Asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai simpanan jangka panjang juga, lho! Meskipun Anda tidak dapat merasakan manfaatnya secara langsung, tapi setidaknya keluarga bisa merasakannya. Mereka bisa menggunakan uang dari asuransi untuk memenuhi semua kebutuhan pasca ditinggal oleh Anda.

Jika uangnya berlebih, keluarga bisa membangun bisnis sendiri untuk mencari penghasilan demi bertahan hidup. Hitung-hitung sebagai aktivitas sampingan sebelum ataupun sesudah mendapat pekerjaan, sehingga mereka tidak kesulitan secara finansial.

Baca Juga: Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Apa dan Bagaimana?

5. Modal untuk pendidikan anak

biaya pendidikan

Faktanya, biaya pendidikan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini tentu akan menjadi masalah saat Anda sudah tiada karena tidak ada satu anggota keluarga pun yang bisa membiayai pendidikan anak-anak. Dan kemungkinan terburuknya, anak tidak dapat melanjutkan pendidikan.

Beruntunglah Anda bila sudah memiliki asuransi jiwa sejak dulu. Semakin cepat memulai, maka semakin besar premi yang terkumpul dan bisa dicairkan saat Anda sudah tiada. Sehingga, anak tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan mengejar cita-citanya tanpa hambatan apa pun.

6. Untuk mengkover biaya pemakaman

biaya pemakaman

Seperti yang Anda ketahui, tidak ada satu pun di dunia ini yang gratis. Semuanya butuh biaya, bahkan biaya untuk pemakaman sekalipun mahalnya minta ampun. Terutama bila tempat pemakamannya khusus atau di tempat elit, maka biayanya bisa melonjak tiga atau empat kali lipat.

Jika tidak mau memberatkan keluarga yang ditinggalkan, Anda memerlukan asuransi jiwa. Jadi setelah kepergian Anda, keluarga dapat mencairkan asuransi jiwa ini ke perusahaan asuransi untuk membayar biaya pemakaman. Bahkan sisanya bisa digunakan kepentingan lain, seperti mempercantik nisan Anda.

7. Pas untuk berjaga-jaga

untuk berjaga-jaga

Anda tidak pernah tahu kapan dipanggil dari dunia ini. Dan untuk berjaga-jaga atas kejadian yang tak diinginkan ini, maka milikilah produk asuransi jiwa sejak awal. Kapan saatnya tiba, setidaknya Anda sudah mempersiapkan sedikit warisan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Perusahaan asuransi akan langsung memberikan uangnya kepada keluarga dalam bentuk uang tunai. Dengan demikian, keluarga dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Atau mungkin untuk dibagi-bagikan kepada ahli waris sesuai dengan proporsinya masing-masing.

Pertimbangkan Manfaat Jangka Panjangnya!

Meskipun pada dasarnya produk asuransi jiwa menguras isi dompet, setidaknya ada manfaat jangka panjang yang bisa didapatkan oleh mereka yang ditinggalkan. Jadi, jangan menyepelekan apalagi mengabaikan produk asuransi yang satu ini, ya! Sekarang saatnya mencari satu perusahaan asuransi yang menawarkan manfaat maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Pilih Asuransi Jiwa yang Pas

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA