Senin 09 Nov 2020 06:31 WIB

Meski Gagal Penalti, Ibrahimovic Masih Selamatkan Milan

Namun Zlatan Ibrahimovic sempat gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Tuan rumah AC Milan harus melalui pertandingan sulit saat menjamu tamunya, Hellas Verona, dengan skor berakhir imbang 2-2 pada lanjutan pekan ketujuh Serie A Liga Italia 2020/2021. Laga itu berlangsung di Stadion San Siro, Senin (9/11) dini hari WIB.

Milan tertinggal dua gol lebih dahulu dari tim tamu melalui gol Antonin Barak menit keenam dan gol bunuh diri Davide Calabria menit ke-19. Sedangkan, Rossoneri, julukan Milan, baru dapat memperkecil kedudukan pada menit ke-27 lewat gol bunuh diri Giangiacomo Magnani.

Beruntung bagi Milan yang memiliki striker berpengalaman sekelas Zlatan Ibrahimovic. Penyerang berusia 39 tahun itu menyumbang satu gol untuk menyamakan kedudukan sekaligus menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Meski masih duduk di kursi teratas klasemen Serie A Italia, namun raihan satu angka tersebut gagal dimanfaatkan Milan untuk memperlebar jarak dari dua tim pesaing di bawah, Sassuolo pun Napoli.

Sedangkan bagi Verona, armada Ivan Juric yang tampil disiplin di sepanjang laga masih tertahan di peringkat kedelapan dengan mengantongi 12 poin dari tiga kemenangan, tiga imbang, dan sekali kekalahan.

Verona mengejutkan pertahanan tim tuan rumah pada awal babak pertama. Laga baru berjalan enam menit, gawang Milan yang dikawal oleh Gianluigi Donnarumma sudah dijebol oleh Antonin Barak.

Melalui sebuah skema sepak pojok, Barak berhasil menceploskan bola liar hasil tandukan Federico Ceccherini yang membentur mistar gawang. Verona unggul 1-0 atas Milan.

Pada menit ke-12, kombinasi pemain depan Rossoneri, Rafael Leao dan Hakan Calhanoglu berhasil membuka ruang di kotak penalti Verona. Namun, umpan mendatar yang dilepas Calhanoglu tidak ada yang menyambut.

Asyik menyerang, Milan kembali dikejutkan oleh gol kedua Gialloblu, julukan Verona. Memanfaatkan situasi bola mati, Verona sukses membobol gawang tuan rumah untuk kali kedua. Tembakan voli Mattia Zaccagni dari ujung kotak penalti sempat mengenai kaki Davide Calabria dan membuat Donnarumma terkecoh. Verona menjauh 2-0 atas Milan.

Tekanan Milan baru membuahkan hasil pada menit ke-27. Sebuah umpan lambung Alexis Saelemaekers salah diantisipasi oleh Giangiacomo Magnani dan menjebol gawang sendiri. Gol bunuh diri Magnani membuat I Rossoneri memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Hingga peluit babak pertama berbunyi skor tersebut tetap bertahan.

Memasuki interval kedua, pelatih Milan Stefano Pioli melakukan rotasi di lini depan Milan. Ante Rebic masuk menggantikan Alexis Saelemaekers. Percobaan Diavolo pada babak kedua pun terjadi pada menit ke-51. Calhanoglu yang berhasil menjebol gawang Verona terpaksa dianulir oleh wasit Marco Guida karena sang pemain lebih dahulu offside.

Peluang emas kembali terjadi, kali ini Milan diuntungkan dengan hadiah penalti. Namun, sayang eksekusi penalti Ibrahimovic melambung di atas gawang Marco Silvestri, yang tampil begitu brilian.

Tak kunjung mencetak gol tambahan Milan semakin agresif menggempur gawang lawan. Namun, penampilan gemilang lini belakang Verona yang digalang Matteo Lovato dan kolega mampu menggagalkan peluang-peluang yang dihasilkan Milan.

Davide Calabria bisa menjebol gawang Verona pada akhir babak kedua, tepatnya menit ke-90. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit melihat tayangan VAR. Sebelum Calabria mencetak gol, Zlatan Ibrahimovic dinilai melakukan handball.

Milan akhirnya selamat dari kekalahan setelah Ibrahimovic mencetak gol pada masa injury time. Menerima umpan lambung Brahim Diaz, tandukan Ibra sukses merobek gawang Verona. Skor 2-2 pun berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement