Sabtu 07 Nov 2020 19:20 WIB

Fakta Seputar Der Klassiker, Dortmund Vs Muenchen

Sejak dilatih Hans-Dieter Flick, Muenchen selalu menang dalam 3 laga vs Dortmund.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Bayern Muenchen, Hans-Dieter Flick.
Foto: EPA-EFE/Alexander Hassenstein
Pelatih Bayern Muenchen, Hans-Dieter Flick.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Sebuah bigmatch bakal terjadi pada pekan ketujuh Bundesliga Jerman musim 2020/2021. Borussia Dortmund bertemu Bayern Muenchen.

Kali ini Dortmund menjadi tuan rumah. Tepatnya di Signal Iduna Park, Ahad (8/11) dini hari WIB. Menurut Opta dan berbagai sumber lainnya, berikut sejumlah data dan fakta berkaitan dengan pertandingan bertajuk Der Klassiker itu.

- Sejak dilatih Hans-Dieter Flick, Bayern Muenchen selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir melawan Borussia Dortmund di berbagai kompetisi. Musim lalu agregat kemenangan Muenchen atas Dortmund di pentas liga domestik, 5-0. Sisanya, satu kemenangan FC Hollywood atas sang rival terjadi di Piala Super Jerman, sekitar akhir September 2020. Saat itu, Die Roten unggul 3-2.

- Sejak Bundesliga dimulai, dari 1963 silam, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund sudah 126 kali bertemu. Muenchen memenangkan 60 pertandingan. Dortmund berjaya di 32 laga. Sisanya 34 partai berakhir imbang.

- Dortmund meraih dua kemenangan dalam tiga laga kandang terakhir kontra Muenchen. Kemenangan tersebut, pertama pada ajang Bundesliga, sekitar November 2018. Saat itu Die Borussen unggul 3-2. Kemudian pada Agustus 2019, pada ajang Piala Super Jerman. Tampil di Signal Iduna Park, Dortmund menumbangkan Muenchen, dua gol tanpa balas.

- Pertahanan Dortmund menjadi yang terbaik di pentas Bundesliga, sejauh musim 2020/2021 berjalan. Dalam enam pertandingan, tim tersebut baru kebobolan dua gol.

- Sementara Muenchen trengginas di area penyerangan. Die Roten sudah mencetak 24 gol dalam enam pertandingan liga musim ini. Itu sebuah rekor baru di Bundesliga.

- Saat ini Muenchen berada di posisi pertama klasemen sementara Bundesliga. Dortmund di tangga kedua. Saat sedang memimpin tabel klasifika, Die Roten tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan liga, menghadapi rival terdekat. Sebanyak enam pertandingan dimenangkan, sisanya dua partai berakhir imbang.

- Terakhir kali, Muenchen selalu penguasa sementara, ditumbangkan tim peringkat kedua, terjadi pada Januari 2015. Saat itu FC Hollywood takluk 1-4 dari VfL Wolfsburg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement