Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Panen Banyak Uang dari Youtube., Begini Tipsnya!

Sabtu 07 Nov 2020 15:23 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Membangun channel Youtube yang sukses bukanlah hal sulit.

Youtube kini tengah naik daun di pasar Indonesia. Bukan hanya menjadi penonton saja, melainkan sudah banyak pengguna Youtube yang terjun menjadi vlogger. Lihat saja, mulai dari kalangan tua, anak muda hingga anak kecil sekalipun berlomba-lomba mengunggah video keseharian di channel Youtube mereka.

Semakin banyak video yang menarik, semakin banyak pula yang menonton dan berlangganan atau subscribe. Dengan begitu, si pemilik akun bisa panen banyak uang dari Youtube. Melihat mudahnya mendapat uang seperti ini, tentunya membuat banyak orang tergiur untuk beralih profesi sebagai vlogger. 

Perlu diketahui, membangun channel Youtube yang sukses bukanlah hal sulit, terutama untuk mendatangkan profit. Namun, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat sebuah karya video yang menarik banyak orang untuk menonton. 

Berikut beberapa tips sukses menjadi vlogger yang bisa dilakukan agar mudah mendapatkan banyak uang.

 

1. Pilih Kamera yang Cocok

kamera
Pilih kamera yang cocok

Bagi seorang vlogger, kamera tentu menjadi hal utama yang harus dimiliki. Semakin bagus kamera yang dimiliki, tentunya hasil video juga akan bagus. Namun, memiliki kamera yang bagus tentunya harus memiliki modal yang banyak mengingat harga kamera juga mahal.

Bagi vlogger pemula, tak perlu memikirkan hal ini sebab hanya akan membuat Anda mengurungkan niat menjadi vlogger. Solusinya, Anda cukup dengan kamera standar yang dimiliki saja, misalkan kamera pocket atau bahkan kamera smartphone pun bisa dimanfaatkan.

2. Ciptakan Konten yang Kreatif

Kebanyakan pertama kali orang tertarik dengan video bukan karena kualitas gambarnya, tetapi vlogger bisa menciptakan konten kreatif. Jika konten video sudah mendatangkan banyak penonton, apalagi dengan jumlah pelanggan channel yang semakin banyak dan uang sudah mulai terkumpul, maka Anda bisa mulai membeli kamera dan peralatan produksi video yang berkualitas. Selayaknya berbisnis, anggap saja ini modal untuk menaikan profit.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan

3. Video dengan Tema yang Konsisten

vlogger
Video dengan tema yang konsisten

Untuk membangun channel Youtube yang sukses, Anda perlu membuat tema channel Youtube yang akan dibuat. Tujuannya agar penonton tersegmentasi dengan baik, juga agar menggaet penonton yang menyukai tema video sehingga dapat berlangganan ke channel Anda. Beberapa tema video yang bisa dibuat di antaranya:

  • Video tutorial dan review, ini banyak dicari orang apabila ada produk teknologi baru yang baru saja rilis, misalnya di bidang otomotif atau gadget smartphone. Bagi yang suka otomotif, bisa membuat tutorial mengendarai mobil dengan medan terjal atau me-review mobil keluaran terbaru. Bagi yang suka smartphone, bisa membuat tutorial memakai aplikasi terbaru sekaligus me-review-nya. 
  • Komedi yang tidak garing, karena orang Indonesia selera humornya tinggi, maka membuat konten video komedi akan melejitkan pengunjung video yang ingin melepas penat bekerja dengan tertawa.
  • Tips sehari-hari, konten ini juga sering dicari karena biasanya orang membutuhkan informasi apapun melalui situs pencarian. Orang cenderung lebih melihat video tutorial dibandingkan tulisan tutorial karena lebih mudah dipahami dan praktis. Video jenis ini  yang paling populer contohnya tips menggunakan hijab atau tips dandan. 
  • Video game, nah ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi main game PC maupun smartphone. Anda tinggal merekam layar monitor dan merekam ekspresi ketika bermain game. Terbukti, Youtuber tersukses di dunia, yakni PewDiePie adalah seorang gamer. Hanya merekam ekspresi saat bermain game dan mengunggahnya di Youtube, kini dia menjadi miliarder dari Youtube.

4. Ciptakan Image Konten yang Akan Dibangun

Setelah tersedia peralatan produksi video, kini saatnya merancang konsep video yang akan dibuat dan image apa yang ingin Anda bangun melalui video Youtube. Apakah Anda akan membangun image sebagai sosok yang keren dan tahu segala hal, atau membangun citra yang dramatis, atau image seorang yang kocak dan konyol, atau jadi Anda apa adanya. Semua ini harus dipikirkan demi keberlanjutan video yang akan dibuat. 

Image yang dibangun ini juga akan membuat pemirsa menantikan video selanjutnya sehingga Anda juga memiliki pelanggan yang setiap mengunggah video, mereka akan mendapatkan notifikasi untuk menonton video. Otomatis, Anda akan mendapatkan penonton setia. Profit tiap bulan pun tetap akan mengalir. Untuk itu, bangun image sekreatif dan seunik mungkin sehingga ada alasan pengunjung untuk menonton video-video.

5. Produksi Konten yang Menarik

konten
Produksi konten yang menarik

Jangan hanya sekadar membuat konten video kacangan atau asal-asalan serta tidak berkualitas. Video yang kurang berkualitas akan membuat pengunjung tidak mau kembali menonton. Dengan begitu, Anda akan kehilangan penonton setia video. 

Meski demikian, banyak juga video dengan konten kurang berkualitas dapat menggaet banyak penonton. Biasanya konten ini sifatnya kurang mendidik, tidak bermanfaat atau terlalu mendramatisir, namun membuat penasaran orang menonton. Ini tentu tidak akan mengembangkan channel Youtube. Penonton hanya mampir ketika ada video bagus. 

Lain halnya jika Anda memang konsisten mengunggah video dengan konsep yang sudah ditentukan, memberi manfaat atau edukatif, serta unik. Penonton juga akan konsisten jumlahnya setiap kali Anda mengunggah video. 

Baca Juga: Cara Membuat Vlog Lebih Menarik dan Keren untuk Pemula

6. Gagal di Awal Bukan Masalah

Kesuksesan seringkali diawali dengan kegagalan di langkah pertama. Kalimat itu juga berlaku bagi Anda yang mulai membangun channel Youtube. Seringkali Youtuber yang kini sukses, video pertama mereka tidak terlalu laris ditonton orang, bahkan bisa dihitung dengan jari. Namun jangan langsung patah semangat untuk terus membuat konten video.

Kegagalan di awal bisa jadi pelajaran terbaik bagi Youtuber. Anda bisa mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan di video pertama. Bisa jadi video tidak laris karena konten yang kurang dapat diterima penonton, atau tidak sedang menjadi tren, tidak menarik, kualitas gambar dan editing videonya kurang baik, dan banyak faktor lainnya. 

Jadikan sebagai perbaikan video berikutnya, termasuk apabila ada pengunjung yang membubuhkan saran dan masukan dalam kolom komentar. Karena dengan komentar pengunjung, Anda akan tahu penonton menginginkan konten seperti apa.

7. Promosi di Media Sosial

media sosial
Promosi di media sosial

Layaknya sebuah produk, video yang Anda unggah di Youtube juga dapat dipromosikan lewat media sosial dan chat messenger yang Anda miliki. Ini untuk mengundang teman-teman di dunia maya agar mengetahui aktivitas Anda yang sedang membangun channel Youtube. Setelah promosi dapat menarik banyak pengunjung, selanjutnya perbaiki terus kualitas konten dan gambarnya sehingga mereka akan betah menonton dan menjadi pemirsa setia video-video.

Sabar dan Tekun Kunci Sukses Jadi Vlogger

Mendapatkan uang yang banyak dari profesi vlogger tidak bisa dengan secara instan. Setiap vlogger yang sukses, tentunya perlu melakukan berbagai usaha dengan menyuguhkan berbagai unggahan video yang menarik sehingga banyak pengguna Youtube yang menonton video. Selain itu, Anda juga harus bersabar hingga video-video yang diunggah ditonton banyak orang. Tekuni dalam membuat video yang menarik sehingga bisa dengan mudah mendatangkan penonton.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Beauty Vlogger Terkaya di Indonesia, Penghasilannya Fantastis!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA