Sabtu 07 Nov 2020 06:38 WIB

Pelindo I Optimalkan Peningkatan Kompetensi SDM

Selain transformasi bisnis, Pelindo juga melakukan transformasi budaya dan SDM.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
tampak pelabuhan peti kemas yang dikelola pelindo 1
Foto: istimewa
tampak pelabuhan peti kemas yang dikelola pelindo 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) akan mdngoptimalkan sejumlah program peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pada tahun ini. Terutama untuk generasi milenial yang akan mengendalikan perusahaan di masa depan. 

"Strategi ini sejalan dengan salah satu prioritas Kementerian BUMN yakni pengembangan talenta dan juga untuk mendukung visi pemerintah yaitu Indonesia Maju," kata Direktur SDM dan Umum Pelindo I Henry Naldi, dalam pernyatan tertulisnya, Jumat (6/11). 

Sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis pengelolaan pelabuhan dan bisnis terkait, Henry mengatakan Pelindo I memiliki visi menjadi gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik global. Untuk mewujudkan visi tersebut, dia menegaskan, Pelindo I tidak hanya melakukan transformasi dalam proses bisnis dan digitalisasi sistem, namun juga melakukan transformasi budaya, organisasi dan pengembangan SDM. 

Dalam digitalisasi Sistem khususnya SDM,  Henry memastikan Pelindo I menerapkan SAP HCM dan Employee portal untuk mendukung proses bisnis administrasi SDM di perusahaan. Proses bisnis administrasi yang telah didigitalisasi antara lain Manajemen Kinerja, Payroll, Perjalanan Dinas, Pengajuan Cuti, Training, Penerbitan Keputusan Direksi, Surat Penugasan. 

"Dengan penerapan aplikasi tersebut, administrasi SDM tersebut dalam dilakukan secara terpusat oleh Shared Serviced Unit Pelindo I sehingga proses administrasi SDM Pelindo I lebih tepat waktu, terukur efektif dan efisiensi," jelas Henry. 

Selain itu, Pelindo I juga telah membangun Aplikasi Virtual Corporate University Port Training in IT Touch yaitu aplikasi learning management system yang memungkinkan seluruh pegawai pelindo I untuk dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga dapat bertanya terkait kompetensi teknis pada fitur Tanya Ahli dengan menggunakan laptop atau smartphone.

Selain digitalisasi administrasi SDM, untuk keamanan dokumen dan kelancaran surat menyurat di Pelindo I juga telah menerapkan digitaliasi surat menyurat dengan Aplikasi Manajemen Surat Elektronik (MSE). Sementara untuk Digitaliasi Arsip perusahaan dengan Aplikasi Manajemen Arsip Elektronik (MAE), serta aplikasi Document Management System (DMS) 

Henry menambahkan, terdapat beberapa program pengembangan SDM yang dilakukan  Pelindo 1 tahun ini antara lain program Talent Management yaitu program untuk mempersiapkan suksesor yang akan mengisi jabatan strategis (Key Strategic Position). "Program talent management ini dilaksanakan dengan melakukan seleksi terbuka terhadap seluruh pegawai. Pegawai yang lulus seleksi sebagai talenta akan mendapatkan program pengembangan baik melalui pelatihan, mentoring ataupun penugasan," jelas Henry. 

Bukan hanya pengembangan kompetensi, dia menegaskan, Pelindo I uga mendorong kualitas hidup pegawainya. Hal tersebut dilakukn dengan mendirikan health center di perusahaan yang menyediakan fasilitas olah raga seperti gym, tenis, bulu tangkis, futsal, dan lainnya.

"Diharapkan Pelindo I menjadi Center of Excellence dan menjadi perusahaan yang mempunyai kinerja yang tinggi dan pegawai yang bahagia," ujar Henry. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement