Jumat 06 Nov 2020 16:49 WIB

Arsenal Menang Lagi, Arteta Tunjukkan Kualitas

Arteta dinilai dapat memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya pemainnya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/Will Oliver
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rasanya baru kemarin legenda Arsenal, Ian Wright, menyebut the Gunners memiliki mentalitas sebagai penantang gelar juara Liga Primer Inggris 2020/2021 saat berada di bawah besutan Mikel Arteta. Sepekan pula, Wright membandingkan gaya kepelatihan Arsenal dengan tim rival Manchester United (MU) di bawah komando Ole Gunnar Solskjaer.

Wright dalam komentarnya menyatakan, masalah pokok dari MU adalah tentang gaya bermain di bawah pelatih Solskjaer, dan bukan soal kurangnya kualitas dalam tim.

Ujaran Wright kepada tim pemilik 20 titel Liga Primer memang terdengar pedas. Tetapi, prediksinya berjalan mulus. Pada laga tengah pekan di ajang kompetisi Benua Biru, Liga Champions dan Liga Europa kedua tim mendapat hasil berbeda.

MU dipermalukan tim semenjana Istanbul Basaksehir dengan skor 1-2, sementara the Gunners sukses mencukur Molde 4-1 pada lanjutan Liga Europa.

Sebagaimana dikutip Sportskeeda, Jumat (6/11), Wright menyoroti mentalitas pemain yang dibangun oleh Arteta. Usai tertinggal satu gol dari lawannya, Arsenal berhasil bangkit sekaligus memenangkan pertandingan dengan meyakinkan.

Bagi pria berusia 57 tahun, itu fakta yang sangat mencolok dari kualitas yang dimiliki Arteta dengan Solskjaer. Entrenador asal Spanyol menetapkan gaya permainan yang khas. "Skuat tidak menyerah setelah kebobolan dan para pemain menekan tinggi lapangan dengan energi yang besar," demikian pernyataan Wright.

Skuat Arteta mungkin tidak memiliki kedalaman skuat mumpuni, tetapi eks asisten pelatih Josep Guardiola itu dapat memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya pemain, dan mampu mengeluarkan yang terbaik dari setiap individu.

The Gunners terus meraih kemenangan dan kini telah naik ke puncak klasemen Grup B di Liga Europa. Adapun, meski masih tertahan di papan tengah Liga Primer namun kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir membuat rasa percaya diri Alexandre Lacazette dan kolega bakal semakin meningkat.

Selanjutnya pada lanjutan pekan kedelapan Liga Primer, Arsenal akan menjajal kekuatan Aston Villa di Stadion Emirates akhir pekan nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement