Jumat 06 Nov 2020 15:06 WIB

Afkaaruna Islamic School Gelar Lomba Pidato Bahasa Inggris

Kompetisi ini memperebutkan beasiswa senilai Rp 85 juta.

Afkaaruna Islamic School
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Afkaaruna Islamic School

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- memperingati Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW, Afkaaruna Islamic School mengadakan Virtual Speech Competition. 

Ketua panitia Wardania Dewi Fitrotul Chusna mengatakan, lomba ini dimaksudkan untuk menggali bakat-bakat santri di Indonesia, bahkan di luar negeri, dalam hal bicara di depan publik (public speaking) dalam bahasa Inggris.

"Dengan mengambil tema 'Peran Santri di Kancah Global' kita ingin santri lebih percaya diri untuk menggali, menemukan, dan mengembangkan potensinya di kancah global," kata Wardania dalam siaran persnya, Jumat (6/11).

Ia mengungkapkan, kompetisi ini melibatkan juri dari beberapa kalangan, yaitu Ketua RMI-PBNU, KH Abdul Ghafur Rozin, Dosen UGM, Ahmad Munjid, dan Imung Hikmah (Foster & Bridge Indonesia).

Santri dinilai sudah banyak berkontribusi dalam sejarah kemerdekaan dan perkembangan Indonesia. "Kini saatnya mereka mewarnai dunia, untuk dunia yang lebih damai dan turut menebar rahmah ke seru sekalian alam," tuturnya.

Kepala Afkaaruna Islamic School, Ahmad Baliya Eka, menambahkan walaupun lomba ini baru digelar pertama kali namun akan menjadi agenda rutin tahunan.

"Tahun ini kompetisi ini memperebutkan beasiswa senilai Rp 85 juta, trofi, serta sertifikat. Selain itu juga akan dipilih juara favorit yang ditentukan berdasarkan jumlah vote terbanyak," katanya.

Menurut pemegang master bidang Hubungan Internasional ini, santri harus diberi ruang lebih luas untuk berkspresi."Kompetisi ini harus menjadi ajang tumbuh dan berkembangnya santri-santri Indonesia dan di dunia," katanya.

Pimpinan sekolah berbasis pesantren yang berlokasi di Jalan Kaliurang Yogyakarta tersebut mengatakan acara ini sejalan dengan visi lembaga, yakni mempersiapkan santri untuk menjadi al-insaan al-kaamil dan warga negara dunia yang berakar lokal.

"Jadi kami memang mempersiapkan santri untuk berkiprah di kancah global," katanya. 

Untuk mengetahui detail teknis kompetisi ini, santri dapat menghubungi 08952171900 (Ibu Wardania), cek instagram @afkaaruna, atau situs www.afkaaruna.sch.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement