Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

WHO Sebut Cerpelai Jadi Inang yang Baik untuk Virus Corona

Jumat 06 Nov 2020 11:51 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Hewan Cerpelai

Hewan Cerpelai

Foto: istimewa/wikipedia
Denmark berencana memusnahkan seluruh populasi cerpelai

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA - Cerpelai tampaknya rentan terhadap virus SARS-CoV-2 dan menjadi "inang yang baik" untuk penyakit tersebut, dengan genus yang bermutasi menyebabkan infeksi pada belasan orang di Denmark. Demikian menurut pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kamis.

Denmark berencana memusnahkan seluruh populasi cerpelai. Negara itu mengumumkan pembatasan ketat lanjutan di utara negara tersebut guna mencegah penularan virus corona pada binatang dan manusia.

"Jadi, tentunya terdapat risiko bahwa populasi cerpelai ini dapat berkontribusi melalui berbagai cara penularan virus dari cerpelai ke manusia, dan kemudian dari manusia ke manusia," kata Catherine Smallwood, pejabat kedaruratan senior di kantor WHO Eropa di Kopenhagen, via media sosial.

Sementara penelitian terhadap varian spesifik virus ini signifikan, ia mengatakan "sangat normal" bagi virus untuk berubah secara genetik berkali-kali.

"Kami sedang melacak (perubahan) ini secara sangat hati-hati dan itulah sebabnya kami begitu tertarik pada informasi khusus ini," katanya. Ia menambahkan hal itu seharusnya tidak mengubah cara pemerintah dan otoritas di seluruh dunia dalam upaya mengendalikan pandemi.

Hans Kluge, direktur WHO kawasan Eropa mengatakan Denmark menunjukkan "tekad bulat dan keberanian" dalam menghadapi keputusan untuk memusnahkan populasi cerpelai miliknya yang berjumlah 17 juta, yang memiliki "dampak ekonomi yang luar biasa".

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA