Jumat 06 Nov 2020 05:05 WIB

Olahraga Angkat Beban Bisa Redakan Gangguan Kecemasan

Studi sebut olahraga angkat beban efektif bantu redakan kecemasan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Studi sebut olahraga angkat beban efektif bantu redakan kecemasan (Foto: ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Studi sebut olahraga angkat beban efektif bantu redakan kecemasan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika akhir-akhir ini Anda kerap merasa cemas berlebih, Anda tidak sendirian. Dengan segala sesuatu yang terjadi di dunia, sangat bisa dimengerti jika Anda merasakan stres.

Dari sekian banyak cara, olahraga menjadi salah satu cara efektif untuk meredakan stres. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, namun sebuah studi baru dari University of Limerick Irlandia menemukan bahwa latihan ketahanan, seperti angkat beban, sangat efektif dalam membantu meredakan kecemasan.

Baca Juga

Diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, studi ini meneliti perubahan tingkat kecemasan di antara 28 peserta pria dan wanita muda selama latihan ketahanan dasar. Penelitian dilakukan selama 8 minggu.

Sebelum latihan, para peserta diharuskan mengisi kuesioner tentang kesehatan mental namun tidak ada yang memenuhi kriteria untuk Gangguan Kecemasan Umum. Semuanya menunjukkan tingkat kecemasan awal yang rendah.

Latihan yang dilakukan peserta cukup sederhana terdiri dari weighted squat, lunge, lift dan crunches. Sebagian besar peserta memiliki pengalaman sebelumnya dengan jenis pelatihan ini.

Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pada akhir minggu kedelapan, peserta yang tidak melakukan latihan ketahanan tetap mengalami tingkat stres yang sama. Sementara peserta yang melakukan latihan, mendapatkan skor yang lebih baik pada kuesioner kecemasan sekitar 20 persen.

Seperti dilansir dari Pop Sugar pada Kamis (5/11), peneliti menyimpulkan bahwa rutinitas latihan ketahanan secara signifikan meredakan gejala kecemasan pada orang dewasa muda yang sehat.

Meski tidak ada obat ajaib untuk meredakan stres, penelitian ini memberikan saran jangka panjang yang menarik untuk memperkuat diri, baik secara mental maupun fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement