Kamis 05 Nov 2020 14:37 WIB

Audi Kembangkan Fitur Deteksi Bus Sekolah

Audi untuk mengembangkan teknologi deteksi bus sekolah dan zona sekolah.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Audi R8 e-tron
Foto: audi/mashable
Audi R8 e-tron

REPUBLIKA.CO.ID, ZWICKAU -- Zona sekolah merupakan salah satu area yang perlu diwaspadai oleh pengguna jalan. Area itu merupakan tempat pemberhentian bus sekolah. Biasanya, di lokasi itu juga sekaligus jadi penyeberangan anak sekolah.

Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (5/11), hal ini pun memantik ide dari Audi untuk mengembangkan teknologi deteksi bus sekolah dan zona sekolah. Dalam mengembangkan fitur ini, Audi menjalin kerja sama dengan Applied Information dan Temple, Inc.

Baca Juga

Fitur ini merupakan fitur yang menghubungkan antara bus sekolah, zona sekolah dan kendaraan pribadi. Koneksi itu pun ditunjang oleh jaringan seluler 5,9 Ghz.

Dengan fitur ini, maka pengemudi kendaraan pribadi akan mendapat peringatan saat mendekati zona sekolah. Dengan peringatan itu, maka pengemudi dapat mengurangi kecepatan dan meningkatkan kewaspadaan jika ada anak yang tengah menyeberang.

Saat ini, fitur yang berbasis teknologi cellular vehicle-to-everything (C-V2X) itu sendiri masih terus menjalani pengujian. Ditargetkan, pengujian fitur ini akan rampung pada pertengahan tahun depan.

Sistem ini bekerja lewat komunikasi antara kendaraan dan inftrastrukur. Dalam kasus ini, rambu-rambu sekolah akan jadi roadside unit (RSU). Secara simultan, RSU itu akan mengirimkan data kepada bus dan kendaraan lain sebagai onboard unit (OBU).

Lewat fitur ini, Audi berharap dapat berperan dalam mencegah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah.

Selain Audi, Generam Motors (GM) pun telah mengembangkan teknologi yang memanfaatkan jaringan seluler. Pabrikan Amerika ini berniat untuk meminimalisir kejenuhan dalam kendaraan dengan menghadirkan in flight movies.

Lewat fitur ini, maka penumpang dapat menikmati perjalanan sembari menonton film-film favorit. Dalam menghadirkan inovasi ini, GM  melakukan kerja sama dengan WarnerMedia dan AT&tT.

Perpaduan antara perusahaan otomotif, perusahaan telekomunikasi dan perusahaan multimedia ini pun menghasilkan sebuah layanan entertainment dengan nama WarnerMedia Ride.

Dengan layanan ini, maka para pengguna sejumlah brand dari GM seperti Chevrolet, GMC dan Cadillac dapat semakin dimudahkan untuk menikmati tontonan film dan tayangan lainya. Apalagi, layanan ini didukung dengan stream on-demand entertainment lewat wi-fi dengan unlimited-data AT&T 4G plan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement