Kamis 05 Nov 2020 11:42 WIB

1,2 Juta Botol Zamzam Dibagikan di Masjidil Haram

1,2 juta botol zamzam dibagikan ke jamaah umroh.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
1,2 Juta Botol Zamzam Dibagikan di Masjidil Haram. Foto ilustrasi:  Jamaah haji Indonesia mengisi botol dengan air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Ahad (6/8).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
1,2 Juta Botol Zamzam Dibagikan di Masjidil Haram. Foto ilustrasi: Jamaah haji Indonesia mengisi botol dengan air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Ahad (6/8).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci membagikan 1,2 botol air Zamzam sekali pakai kepada jamaah umroh dan jamaah shalat di Masjidil Haram, Makkah.

Direktur Departemen Mata Air Zamzam di Masjidil Haram, Ahmed Al-Nadwi, mengatakan departemen tersebut bekerja menyediakan layanan air di dalam Masjidil Haram. Tak hanya itu, air zam zam juga disediakan di pintu masuk halaman dengan acara membagikan botol di antara jamaah dan orang yang berpuasa.

Baca Juga

"Lebih dari 500.000 botol Zamzam dibagikan pada tahap pertama, dan sekitar 700.000 botol pada tahap kedua di mataf (area mengelilingi Ka'bah), mas'a (area untuk ritual sa'i antara Safa dan Marwah), area sholat duka, lantai pertama, pemekaran Raja Fahd, serta pemekaran Raja Abdullah yang baru," kata Ahmed Al-Nadwi, dilansir di Saudi Gazette, Kamis (5/11).

Lebih lanjut, ia menyebut ada pekerja yang membawa wadah silindris berisi air zamzam yang ditempatkan di pintu masuk masjid suci dan tangga. Setiap wadah membawa air untuk mengisi lebih dari 50 gelas sekali pakai.

 

"Kepresidenan telah menambah jumlah pejabat menjadi sekitar 128. Ratusan orang ini mengawasi sekitar 600 pekerja yang mendistribusikan air suci di dalam Masjidil Haram," lanjutnya.

Ia juga menyebut langkah ini diambil sejalan dengan semua tindakan pencegahan dan protokol kesehatan, guna membendung penyebaran virus Covid-19. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement