Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Wanita tak Melulu Harus Dirikan Usaha Feminin

Kamis 05 Nov 2020 06:33 WIB

Red: Irwan Kelana

Sherina Syafna Madaniah, mahasiswa UBSI Tegal yang juga seorang pengusaha.

Sherina Syafna Madaniah, mahasiswa UBSI Tegal yang juga seorang pengusaha.

Foto: Dok UBSI
Berwirausaha harus dijalankan dengan hati, tidak boleh terpaksa.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Sherina Syafna Madaniah merupakan owner  PT  Gemilang Lestari Teknindo yang bergerak di bidang alat berat, seperti spare part elektronik serta pekerjaan after market. Sherina merupakan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tegal.

“Dengan modal awal hanya mesin stamping manual serta lahan yang amat sangat kecil. Alhamdulillah usaha saya semakin berkembang hingga saat ini,” kata Sherina dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sherina sudah mulai bergelut dengan usaha bisnis tersebut  sejak 2018.  Sekarang  ia sudah memiliki  15 karyawan, yang terbagi sebagai karyawan tetap, karyawan kontrak dan karyawan harian.

Konsumen produknya  dibagai menjadi dua kelompok.  Yaitu,  konsumen PKP (yang terkena pajak) seperti PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT  United Tractors Pandu Enggineering (PATRIA),  dan PT  Hamana Works Tirta. Selain itu, konsumen non-PKP berjumlah empat perusahaan.

“Motivasi serta semangat saya muncul dari kedua orang tua serta ingin menunjukan bahwa wanita diusia muda bisa mempimpin perusahaan. Hal itu yang menginspirasi dan memotivasi saya serta menjadikan kunci sukses untuk usaha saya yakni komitmen, tanggung jawab dan jujur,” papar Sherina tentang alasannya menekuni dunia usaha.

photo
PT Gemilang Lestari Teknindo milik Sherina Syafna Madaniah  (Foto: Dok UBSI)
 
Meningkatkan dan mempercepat produksi demi kepuasan pelanggan, dan meningkatkan pemasaran ke beberapa sektor usaha merupakan cara dari Sherina untuk mengembangkan usahanya. 
“Berwirausaha harus dijalankan dengan hati, tidak boleh terpaksa, Berusaha berkomitmen dalam tingkah laku dan tanggung jawab atas semua yang sudah kita mulai dan harus kita selesaikan dengan baik. Jujur dalam segala hal, karena ketika sekali kita berbohong nggak akan ada lagi orang yang akan percaya. Perbanyak teman yang menguntungkan terutama yang sudah mengerti bisnis, dan perbanyak cari informasi terkini,” bebernya.

Ia menambahkan, tidak perlu takut berbisnis, baik itu bisnis sendiri ataupun meneruskan orang tua. Harus terus positive thinking karena energi positif selalu mendatangkan hasil yang positif juga. Harus tahan banting, terima naik-turun perusahaan karena di balik kesusahan akan ada cerita indah yang akan hadir.

Sherina mengaku dari menjalankan PT  Gemilang Lestari Teknindo ini dengan beberapa konsumen perusahaan besar mampu menghasilkan omzet kurang lebih Rp 80 juta per bulan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA