Rabu 04 Nov 2020 14:04 WIB

Apakah Sergio Ramos Bek Terbaik Sepanjang Masa?

Ramos berharap pecahkan sejumlah rekor lain setelah golnya yang ke-100 untuk Madrid.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bek veteran Real Madrid Sergio Ramos.
Foto: EPA-EFE/JuanJo Martin
Bek veteran Real Madrid Sergio Ramos.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, berharap bisa memecahkan beberapa rekor lain setelah golnya yang ke-100 untuk klub. Sundulan Ramos memberi Madrid keunggulan 2-0 atas Inter Milan.

Madrid akhirnya menang 3-2 untuk kemenangan pertama Liga Champions musim ini.

"Tidak buruk," kata pria berusia 34 tahun itu dikutip dari BBC, Rabu (4/11). "Rekor individu adalah nomor dua, tetapi Anda suka memecahkannya selama mereka terus membantu tim menang. Semoga saya bisa mendapatkan lebih banyak lagi."

Madrid tampak memegang kendali dalam pertandingan melawan Inter ketika Ramos menyundul sepak pojok Toni Kroos untuk unggul 2-0, tetapi Inter berjuang kembali untuk menyamakan kedudukan sebelum gol kemenangan Rodrygo.

"Anda harus pergi seperti ini," kata Ramos. "Itu adalah final, pertandingan hidup atau mati. Ketika Anda melihat mereka menyamakan kedudukan, Anda harus memainkannya, naik ke atas. Kami bertaruh pada kartu dan itu berjalan dengan baik."

Itu merupakan gol dengan sundulan yang ke-55 bagi bek Spanyol, sisanya adalah 21 melalui penalti, dua tendangan bebas, dan 22 gol menggunakan kakinya dari permainan terbuka.

Catatan itu juga membuat Ramos telah mencetak 14 gol Liga Champions dalam 11 musim (hanya Raul Gonzales dan Karim Benzema yang mencetak lebih banyak musim Liga Champions untuk Real Madrid daripada Ramos). Ramos juga mencetak rekor 74 gol di La Liga Spanyol (termasuk dua gol untuk Sevilla), tujuh di Piala Spanyol, dan sedikit di kompetisi lainnya.

Total Ramos telah bermain 659 kali untuk klub dan memenangkan 22 trofi. Di sisi lain, Ramos telah mencetak 23 gol untuk timnas Spanyol. Ini membuatnya menjadi bek dengan pencetak gol terbanyak dalam sejarah internasional. Tiga gol lainnya untuk Sevilla, memberinya total 126 gol dalam kariernya.

Ramos menjadi bek dengan pencetak gol terbanyak dalam sejarah La Liga pada bulan Juni, melampaui rekor Ronald Koeman, yaitu 67 gol.

Ramos menjadi pemain ke-21 yang mencetak 100 gol untuk Real Madrid, membawanya sejajar dengan Fernando Morientes. Dia lima gol di belakang Gareth Bale dan empat gol dari legenda Brasil, Ronaldo.

Ramos telah mencetak beberapa gol krusial untuk Madrid, termasuk dalam kemenangan 2014 (penyeimbang di masa injury time) dan kemenangan final Liga Champions 2016 melawan Atletico Madrid. Ia juga mencetak lima gol melawan Barcelona, ​​termasuk gol kemenangan di menit ke-82 dan penyeimbang di menit ke-90.

Pemain Spanyol itu bukanlah bek dengan skor tertinggi sepanjang masa. Daniel Passarella, pemain internasional dengan skor tertinggi sebelumnya (22), diperkirakan telah mencetak 175 gol untuk Argentina, Fiorentina, Inter Milan, dan klub-klub di tanah airnya pada 1970-an dan 1980-an.

Pelatih Barcelona saat ini, Koeman, mencetak sekitar 250 gol untuk tim-tim termasuk PSV, Barca, dan Belanda, tetapi memainkan sebagian besar kariernya di lini tengah.

Ramos bahkan belum menjadi bek dengan pencetak gol terbanyak untuk Real Madrid, meskipun seperti Koeman, Fernando Hierro juga bermain di lini tengah. Hierro mencetak 124 gol untuk klub dan 30 lainnya untuk Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement