Rabu 04 Nov 2020 09:43 WIB

Pondok Inspirasi Gelar Pelatihan Menulis Ilmiah Esai

Kegiatan yang bersifat gratis itu menggandeng Pemimpin.id

Pondok Inspirasi bersama Pemimpin.id menggelar pelatihan menulis ilmiah esai untuk para mahasiswa secara gratis.
Foto: Dok Pondok Inspirasi
Pondok Inspirasi bersama Pemimpin.id menggelar pelatihan menulis ilmiah esai untuk para mahasiswa secara gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --   Di tengah pandemi Covid-19  harusnya banyak yang dilakukan mahasiswa untuk tetap produktif menghasilkan karya. Tidak dapat dipungkiri kalau situasi ini juga membuat beberapa dari mereka pada kondisi yang nyaman. Sebagai contoh, mahasiswa bisa mengoptimalkan untuk menulis ide-ide kreatifnya sekaligus mengikuti berbagai lomba menulis ilmiah.

Pada momen ini Pondok Inspirasi membantu serta mendorong pemuda untuk tetap bergiat walaupun di rumah aja. Pondok Inspirasi selenggarakan pelatihan menulis ilmiah esai secara gratis bagi mahasiswa sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan potensi mahasiswa untuk bisa lebih kritis dan peduli terhadap  permasalahan bangsa melalui ide-ide solusi yang nantinya akan ditawarkan.

“Saat ini yang sudah dan akan berjalan yaitu pelatihan menulis esai bagi mahasiswa Bidikmisi-KIP, Poltekkes Kemenkes RI, dan Polbangtan Pepi Indonesia dengan total peserta mencapai lebih dari 2.500 mahasiswa hingga akhir bulan,” tutur Putri Hanik,  ketua Pelaksana melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (4/11).

Uniknya pelatihan yang diselenggarakan  oleh Pondok Inspirasi tidak hanya memberikan bekal menulis ilmiah esai yang baik dan benar, namun juga memberikan muatan-muatan karakter leadership sebagai seorang penulis. Pemimpin.id yang digawangi oleh Dharmaji Suradika juga mengaku sangat mendukung program ini dan siap untuk berbagi nilai-nilai kepemimpinan serta inovasi.

Rencananya program pelatihan ini akan diselenggarakan hingga akhir bulan ini yang sebelumnya sudah jalan di bulan Oktober 2020. “Kami selenggarakan pelatihan menulis esai sejak Oktober kemarin hingga November ini, tidak menutup kemungkinan di Desember nanti kita akan buka pelatihan gratis lanjutan,” tambah Hanik.

Selain itu Pondok Inspirasi juga kerap beberapa kali menerima undangan dari himpunan mahasiswa dari berbagai kampus untuk menjadi salah satu narasumber pelatihan menulis karya ilmiah.

Pondok Inspirasi merupakan yayasan sosial pendidikan yang berdiri sejak 2013 berdomisili di Kabupaten Bogor. Salah satu program Yayasan Pondok Inspirasi adalah peningkatan kemampuan daya kritis mahasiswa melalui penulisan karya ilmiah.

Hingga tahun 2020, Pondok Inspirasi  telah menghasilkan prestasi lebih dari 250 penghargaan di bidang karya tulis ilmiah, meliputi medali Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) di tahun 2014-2019, kompetisi esai nasional, kompetisi karya tulis ilmiah nasional dan internasional. “Kami membawa semangat pengabdian dengan turut menjadi narasumber pelatihan karya ilmiah di berbagai sekolah dan perguruan tinggi,” ujar Hanik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement