Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Mengapa Allah SWT Pilih Muhammad SAW dari Bangsa Arab?

Selasa 03 Nov 2020 22:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

KH Ahsin Sakho Muhammad menyatakan terdapat hikmah di balik Allah SWT memilih Nabi Muhammad SAW dari bangsa Arab

KH Ahsin Sakho Muhammad menyatakan terdapat hikmah di balik Allah SWT memilih Nabi Muhammad SAW dari bangsa Arab

Foto: Agung Supriyanto Republika
Allah SWT memilih Muhammad SAW lahir dari bangsa Arab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebelum Nabi Muhammad SAW dilahirkan, Allah SWT telah menciptakan nabi-nabi lain dari bangsa-bangsa di luar Arab. Lantas mengapa Allah turunkan Nabi Muhammad berbangsa Arab?

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho dalam kajian live streming yang diadakan Ahsin Sakho Center, Selasa (3/11), menjelaskan, terdapat banyak alasan mengapa Allah menciptakan Nabi berbangsa Arab. Salah satu alasannya adalah karena Allah telah ‘bosan’ menciptakan nabi-nabi berbangsa Israel.

Baca Juga

‘Kebosanan’ Allah ini bukan tanpa alasan. Menurut beliau, tatkala Allah menciptakan nabi-nabi dari bangsa Israel seperti Nabi Zakariya, Nabi Yahya, hingga Nabi Isa, bangsa Israel enggan mengikuti dakwah nabi-nabi yang diciptakan tersebut.

Tak sedikit dari nabi-nabi itu yang disakiti hingga dibunuh. Ajaran Langit yang disampaikan para nabi dari bangsa Israel itu tak jarang ditolak dan dinistakan. Sehingga Allah menurunkan Nabi Muhammad sebagai penciptaan yang telah disiapkan-Nya sedari mula sebagai Nabi yang berbangsa Arab.

“Barulah kita tahu bahwa ada hikmah yang besar mengapa Nabi Ibrahim menikah dengan sayyidah Hajar. Karena dari anaknya yang bernama Ismail, hadirlah jalur bangsa Arab yang kelak tersambung ke Nabi Muhammad,” kata KH Ahsin.  

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA