Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Mencari Waktu Istirahat untuk Messi

Selasa 03 Nov 2020 07:27 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Lionel Messi menyumbang satu gol saat Barcelona mengalahkan Juventus di Turin.

Lionel Messi menyumbang satu gol saat Barcelona mengalahkan Juventus di Turin.

Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Kapten Barcelona Lionel Messi bermain 90 menit dalam delapan pertandingan musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kapten Barcelona Lionel Messi bermain 90 menit dalam delapan pertandingan musim ini masing-masing dua laga di La Liga dan dua pertandingan di Liga Champions. Itu artinya pemain Internasional Argentina itu total bermain selama 720 menit dalam dua bulan pertama musim ini. Di luar itu, Messi masih membela negaranya pada Jeda Internasional pada Oktober.

Dilansir dari Marca, Selasa (3/11), hal tersebut bukan karena pelatih Barcelona Ronald Koeman tak memiliki kesempatan mengistirahatkannya. Namun mantan pelatih Everton itu memang tak ingin melakukannya.

La Pulga memimpin tim ketika Blaugrana menang atas Villarreal, Celta Vigo dan Ferancvaros. Messi tak pernah diganti sejak pulih dari cedera otot pada Oktober 2019. Dia hanya melewatkan dua pertandingan kompetitif yaitu Copa del Rey dan satu Liga Champions.

Baca Juga

Barcelona selanjutnya akan menjamu Dinamo Kiev pada pertandingan Liga Champions, di Camp Nou, Kamis (5/11) dini hari WIB. Jika Messi masih dipaksakan memimpin pada laga tersebut, maka sudah saatnya Koeman memikirkan memberikan waktu istirahat kepada pemainnya itu.

Namun itu tak akan mudah bagi pelatih asal Belanda itu mencari waktu istirahat yang tepat bagi Messi di tengah jadwal yang padat. Kehadiran Messi di lapangan begitu berpengaruh kepada permainan tim.

Messi akan kembali ke Amerika Selatan pada November ini untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia melawan Paraguay dan Peru. Itu artinya Messi tak punya waktu banyak untuk sekadar memberikan waktu istirahat sejenak.

Messi memasuki satu tahun terakhir masa baktinya bersama Barcelona. Karena itu, Koeman bisa saja tak menyia-nyiakan sisa kontrak tersebut untuk terus memainkan Messi di setiap pertandingan secara penuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA