Senin 02 Nov 2020 20:07 WIB

Jokowi Persiapkan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021

Jokowi mengingatkan agar realisasi anggaran di awal tahun dapat langsung berjalan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
 Presiden Joko Widodo mengingatkan agar jajarannya mulai mempersiapkan pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama awal 2021 nanti. (ilustrasi)
Foto: Kemendikbud
Presiden Joko Widodo mengingatkan agar jajarannya mulai mempersiapkan pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama awal 2021 nanti. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong jajarannya agar mengejar perbaikan pertumbuhan ekonomi di kuartal keempat akhir tahun ini, salah satunya yakni dengan mempercepat realisasi belanja anggaran. Di samping itu, ia juga mengingatkan agar jajarannya mulai mempersiapkan pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama awal 2021 nanti.

“Hati-hati di kuartal pertama 2021 juga harus di-start dari sekarang. Begitu bapak ibu menerima yang namanya DIPA, itu sudah bisa langsung ada lelang,” ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/11).

Baca Juga

Jokowi mengingatkan agar realisasi anggaran di awal tahun nanti dapat langsung berjalan. Sehingga setelah kuartal keempat berjalan, pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama dapat terus semakin membaik.

“Sehingga nantinya kita harapkan bulan Januari, Februari, Maret tidak stuck, setelah kuartal keempat langsung drop. Kita harapkan kuartal pertama itu ada ungkitan juga untuk naik,” kata dia.

Menurut Jokowi, kegiatan yang dapat segera dimulai di awal tahun nanti yakni penyaluran bantuan sosial dan juga belanja modal seperti pembangunan infrastruktur. Karena itu, Presiden pun menekankan agar rencana kegiatan tersebut segera disiapkan dan dimatangkan sehingga realisasi anggaran bisa langsung berjalan nantinya.

“Terutama yang paling cepat adalah bansos mulai disiapkan sehingga Januari sudah bisa berjalan. Yang belanja-belanja modal terutama infrastruktur baik di KemenPU, Kemenhub, dan kementerian-kementerian lain yang bisa digiring untuk bisa dimulai, mulai,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement