Senin 02 Nov 2020 18:36 WIB

Jokowi Minta Penerima Beasiswa LPDP Promosikan Indonesia

Penerima beasiswa perlu menunjukan Indonesia negara damai, indah, dan bertoleransi.

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita
 Presiden Joko Widodo
Foto: Kemendikbud
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para penerima beasiswa pendidikan LPDP agar menunjukan wajah Indonesia kepada masyarakat internasional. Para penerima beasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri, kata dia, perlu menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang damai, indah, dan penuh toleransi. 

"Saudara adalah duta Indonesia, saudara-saudara ada wajah Indonesia di masyarakat internasional, bagi saudara-saudara yang kuliah di luar negeri tunjukan bahwa Indonesia itu damai, indah, penuh tolerasi, dan selalu bhineka tunggal ika," kata Jokowi saat memberikan sambutan di Studium Generale LPDP melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/11). 

Baca Juga

Selain itu, menurutnya, para penerima beasiswa LPDP juga sekaligus dapat mempromosikan Indonesia ke masyarakat internasional, baik untuk berwisata maupun berinvestasi ke Indonesia. Sehingga dapat membawa kebaikan bagi masa depan Indonesia.

Jokowi meminta para penerima beasiswa LPDP tak menyia-nyiakan kesempatan belajar di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Menurutnya, hal ini merupakan peluang emas untuk belajar, membangun jaringan, serta mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi diri sendiri dan bangsa. 

Presiden pun berpesan agar peluang ini dimanfaatkan untuk mengejar iptek baru seperti otomatisasi, artificial intelligence, big data, dan hal lain yang berpengaruh terhadap lanskap sosial, ekonomi, dan kebudayaan. "Gunakan kesempatan ini mengasah dan memperkuat karakter, mengasah talenta memperkuat keterampilan, menjadi mahasiswa itu mengasah kemampuan dan keterampilan managerial saudara-saudara yang sangat berguna ketika saudara-saudara lulus," tambah dia. 

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar menggunakan kesempatan ini untuk memperkokoh rasa kebangsaan, kemanusiaan, dan ke-Indonesia-an. "Saya tahu saudara-saudara berasal dari berbagai pelosok Indonesia, yang berbeda suku, agama, tetapi saudara-saudara semua bersaudara se-Tanah Air Indonesia," ucap dia. 

Pada akhir sambutannya, ia mendoakan sekaligus memberi semangat agar para penerima beasiswa tersebut dapat mengikuti pendidikan dengan sebaik-baiknya dan mampu menyelesaikannya tepat waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement