Senin 02 Nov 2020 15:28 WIB

Indonesia Masuk 10 Negara Teraman Versi Gallup

Gallup mengukur persepsi orang tentang keamanan mereka sendiri di 144 negara

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
 Anak-anak kecil bermain skuter di Singapura, 14 Juli 2020. Singapura menempati posisi teratas dengan 97 persen populasi merasa aman. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/WALLACE WOON
Anak-anak kecil bermain skuter di Singapura, 14 Juli 2020. Singapura menempati posisi teratas dengan 97 persen populasi merasa aman. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan analitis Gallup telah merilis Gallup’s 2020 Law and Order Index. Lembaga ini mengukur persepsi orang tentang keamanan mereka sendiri di 144 negara di dunia. Indonesia masuk dalam daftar 10 negara teratas.

Dalam survei tersebut Gallup mewawancarai hampir 175 ribu orang dewasa di 144 negara dan wilayah pada 2019. Diperkirakan seribu orang dewasa di setiap negara disurvei.

Baca Juga

Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan Gallup dalam surveinya antara lain: Apakah Anda merasa aman berjalan sendirian di malam hari di kota atau daerah tempat Anda tinggal? Dalam 12 bulan terakhir, apakah Anda pernah diserang atau dirampok? Di kota atau daerah tempat tinggal Anda, apakah Anda percaya pada kepolisian setempat?

Seperti survei sebelumnya, Singapura menempati posisi teratas dengan 97 persen populasi merasa aman. Turkmenistan memperoleh nilai serupa dengan Singapura. China berada di urutan kedua dengan nilai 94 persen. Sementara di posisi ketiga terdapat Islandia dan Kuwait dengan nilai 93 persen.

Urutan keempat ditempati Uni Emirat Arab (UEA), Norwegia, Swiss, Austria, dan Uzbekistan. Sebanyak 92 persen populasi di negara tersebut merasa aman. Azerbaijan dan Tajikistan menduduki posisi kelima dengan nilai 91 persen.

Posisi keenam ditempati Denmark, Finlandia, Luksemburg, Slovenia, dan Taiwan dengan nilai 90 persen. Arab Saudi, Indonesia, dan Mesir menempati urutan ketujuh dengan nilai 89 persen. Sementara posisi kedelapan diisi oleh Portugal dan Georgia dengan nilai 88 persen.

Belanda dan Spanyol menduduki urutan kesembilan dengan nilai 87 persen. Kemudian posisi kesepuluh ditempati Kanada, Jerman, Kosovo, Malta, dan Vietnam.

Afrika Selatan, Venezuela, Gabon, dan Afghanistan berada di urutan terbawah daftar. Hanya 29 persen warga Venezuela dan hanya 12 persen warga Afghanistan mengatakan mereka merasa aman berjalan sendirian di daerah mereka pada malam hari.

Dari semua negara di Timur Tengah, Libya, Maroko, dan Yaman masing-masing menempati peringkat terendah. Perang saudara saat ini sedang berlangsung di Libya dan Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement