Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Pacu Kinerja Dosen, Unpam Adakan Konferensi Internasional

Senin 02 Nov 2020 14:43 WIB

Red: Natalia Endah Hapsari

Konferensi internasional di Universitas Pamulang

Konferensi internasional di Universitas Pamulang

Foto: dok Unpam
Pembicara seminar adalah akademisi dari dalam dan luar negeri

REPUBLIKA.CO.ID, PAMULANG --- Untuk meningkatkan kinerja dosen atau peneliti, Universitas Pamulang  (Unpam) menyelenggarakan konferensi internasional untuk bidang ilmu sosial dan humaniora yaitu International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICORSH) pada akhir Oktober lalu secara virtual.

Selain akademisi dari dalam negeri, hadir pula pembicara tamu dari luar negeri di antaranya Prof Dr Kirilova Galia Ildusovna dari Kazan Federal University, Rusia serta Prof Dr Jae Cheon Jung, Direktur Program Technical Engineer di Kepco International Nuclear Graduate School, Korea Selatan. Ajang ini pun menerima sekitar 308 artikel seminar sebagai respons antusiasme para peserta mengikuti ajang ini.

Koordinator LLDIKTI Wilayah IV Prof Dr Uman Suherman mengapresiasi langkah Unpam ini sebagai satu cara untuk meningkatkan kinerja dosen serta kualitas belajar mahasiswa. ''Luaran yang paling baik bukan hanya dalam bentuk publikasi, melainkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita ampu. Mampu diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat,'' ujarnya.

Uman pun meminta agar tiap program studi pun turut mengadakan ajang seminar seperti ini sehingga tidak hanya berperan sebagai penonton ketika acara serupa diselenggarakan oleh pihak universitas.

''Selanjutnya bisa diutamakan aktivitas yang memiliki level program studi (prodi). Ketika prodi yang mengadakan maka universitas akan terbawa. Sedangkan kalau universitas yang jalan, prodi hanya menonton. Kampus yang bagus terbentuk oleh prodi yang bagus. Kita harus menemukan sumber daya yang berkualitas. Saat ini lebih menekankan literasi humanis,'' kata Uman.

Rektor Universitas Pamulang Dr Dayat Hidayat turut berharap seminar dapat menghasilkan publikasi yang bagus serta bermanfaat.

Sedangkan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unpam Dr Ali Maddinsyah menekankan bahwa seminar ICORSH ini menjadi forum ilmiah  yang memfasilitasi para dosen atau peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya agar mendapat masukan dari berbagai pihak, sehingga hasil penelitiannya bisa lebih baik lagi. ''Ini juga sekaligus sebagai forum silaturahim antara peneliti maupun dosen dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Dengan  terbangunnya silaturahim, harapan kami para dosen dapat berkalaborasi baik dalam penelitian maupun publikasi jurnal,'' katanya.

sumber : rilis
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA