Senin 02 Nov 2020 07:51 WIB

Jenis Makanan Sapi Berbeda Hasilkan Produk Susu Lebih Sehat

peneliti memberi makanan lemak tak jenuh hingga mampu hasilkan susu lebih sehat

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja memerah susu sapi di peternakan Fresh Milk Farm, Kampung Kebon Pedes, Tanah Sareal. Penelitian menunjukkan bahwa memberi makan sapi secara berbeda dapat menghasilkan produk susu yang lebih rendah lemak jenuh tidak sehat dan lebih tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Dan mengonsumsi produk susu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah
Foto: ARIF FIRMANSYAH/ANTARA
Pekerja memerah susu sapi di peternakan Fresh Milk Farm, Kampung Kebon Pedes, Tanah Sareal. Penelitian menunjukkan bahwa memberi makan sapi secara berbeda dapat menghasilkan produk susu yang lebih rendah lemak jenuh tidak sehat dan lebih tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Dan mengonsumsi produk susu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penelitian menunjukkan bahwa memberi makan sapi secara berbeda dapat menghasilkan produk susu yang lebih rendah lemak jenuh tidak sehat dan lebih tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Dan mengonsumsi produk susu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah dibandingkan dengan mengonsumsi mentega, susu, dan keju standar.

Para peneliti, dari The University of Reading, mengubah komposisi produk susu dengan memberi makan sapi diet khusus yang tinggi lemak tak jenuh tunggal. Kemudian mereka memberikan produk susu yang dihasilkan dari sapi-sapi ini kepada orang-orang yang berisiko sedang terhadap penyakit jantung dan peredaran darah. 

Dilansir di BHF, Selasa (20/10) disebutkan, hasilnya ditemukan bahwa peningkatan kolesterol LDL tidak sebesar yang terjadi pada kelompok yang mengonsumsi susu dan produk susu standar. Kesehatan pembuluh darah juga lebih baik dibandingkan saat mereka mengonsumsi produk susu tradisional.

Dalam studi ini, para peneliti memberi makan sapi perah dengan jenis minyak nabati yang tinggi lemak tak jenuh tunggal sehingga susu, serta mentega dan keju yang mereka hasilkan dari susu ini, memiliki lemak jenuhnya yang lebih rendah dan kadar lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi.

Mereka memberi satu kelompok orang produk susu tradisional, dan kelompok lainnya produk yang dimodifikasi. Para peserta tidak tahu makanan mana yang mereka makan dan semua orang makan jumlah lemak yang sama secara keseluruhan. Para peneliti telah melakukan penelitian untuk memastikan bahwa produk susu baru dan standar terasa sama. Ada 54 orang dalam uji coba, semuanya dengan risiko penyakit jantung dan peredaran darah sedang.

Penting untuk dicatat bahwa studi tentang bagaimana perubahan komposisi lemak pada mentega, susu dan keju mempengaruhi risiko partisipan penyakit jantung dan peredaran darah. Studi ini tidak membuat perbandingan apa pun dengan diet rendah lemak atau dengan mengonsumsi produk susu versi rendah lemak.

Para peneliti menemukan bahwa para peserta memiliki peningkatan kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah dan pembuluh darah yang lebih sehat ketika mereka mengkonsumsi produk susu yang dimodifikasi dibandingkan dengan produk susu tradisional.

Terlalu banyak kolesterol jahat bisa menumpuk di dalam dinding pembuluh darah. Kolesterol jahat menyumbat dan menyebabkan penyempitan arteri yang meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Dalam penelitian ini, baik peserta uji coba maupun peneliti tidak mengetahui jenis produk susu yang mereka konsumsi, dan setiap orang boleh makan kedua jenis produk susu tersebut pada suatu saat. Penelitian ini dilakukan terhadap pria dan wanita berusia antara 25-70 tahun yang didefinisikan memiliki risiko sedang terhadap penyakit jantung dan peredaran darah, sehingga mungkin tidak menunjukkan bagaimana perubahan akan memengaruhi orang dengan risiko lebih tinggi atau lebih rendah.

"Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui apakah mentega dan keju yang dimodifikasi dapat bermanfaat bagi pasien dengan penyakit kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya termasuk mereka yang baru pulih dari serangan jantung atau stroke," ujar Paul Evans, Profesor Ilmu Kardiovaskular, Universitas Sheffield, mengomentari penelitian ini.

Ahli Diet Senior BHF Victoria Taylor mengatakan bahwa sangat menjanjikan untuk melihat bagaimana perubahan alami pada kandungan lemak dari beberapa produk susu favorit kita dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung dan peredaran darah.

"Beralih dari makanan tinggi lemak jenuh ke makanan dengan lebih banyak lemak tak jenuh juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Apakah jenis produk susu, seperti mentega daripada susu atau keju, memiliki efek yang lebih besar atau lebih kecil, juga perlu ditelusuri lebih lanjut." kata Taylor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement