Ahad 01 Nov 2020 21:11 WIB

Drama Tujuh Gol, Southampton ke Tiga Besar Usai Bekap Villa

Southampton sempat unggul 4-0 atas Aston Villa sebelum akhirnya menang 4-3.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Southampton James Ward-Prowse (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam pertandingan Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/Gareth Copley
Gelandang Southampton James Ward-Prowse (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Drama tujuh gol tersaji saat Aston Villa menjamu Southampton dalam laga pekan ketujuh Liga Primer Inggris. Villa yang tertinggal 0-3 pada babak pertama bangkit pada paruh kedua. Sayangnya, walau bisa mencetak tiga gol, Villa harus tetap mengakui keunggulan Southampton 3-4 di Stadion Villa Park, Birmingham, Ahad (1/11) malam WIB. 

Hasil ini menempatkan Southampton di posisi tiga papan klasemen sementara dengan mengoleksi nilai 13 dari tujuh laga yang dijalani. Sebaliknya Aston Villa melorot ke posisi enam, dengan nilai 12 dari enam laga. Posisi kedua tim bisa kembali turun tergantung pada laga lainnya yang belum berjalan.

Baca Juga

Jalannya laga

Jannik Vestergaard membawa Southampton unggul 1-0 pada menit ke-19. Ia memaksimalkan umpan matang tendangan bebas James Ward-Prowse dengan tandukan. Sundulan Vestergaard meluncur ke pojok kiri gawang Aston Villa tanpa mampu dihalau kiper Emiliano Martinez. 

Ketinggalan satu gol, Aston Villa mencoba menggencarkan serangan dengan memasukkan Mahmoud Hassan Trezeguet menggantikan Bertrand Traore. Namun justru tim tamu yang menambah skor.

James Ward-Prowse memperbesar keunggulan 2-0. Gol Gelandang timnas Inggris didapat melalui tendangan bebas dari luar kotak pinalti pada menit ke-33. Tendangan kaki kanannya sempat coba dihalau Martinez, tapi bola lebih cepat meluncur ke pojok kanan atas gawang.

Southampton menambah keunggulan menjadi 3-0, lagi-lagi melalui tendangan bebas James Ward-Prowse pada menit ke-45. Ia kembali mengecoh Martinez dengan mengarahkan bola ke pojok kanan gawang. Kali ini Martinez hanya bisa menatap bola menjebol gawang untuk ketiga kalinya.

Tertinggal 0-3, tuan rumah berusaha mengejar. Menit ke-52, Jack Grealish nyaris memperkecil ketinggalan namun sontekannya masih diselamatkan kiper Southampton Alex McCarthy.

Tim tamu justru kembali membobol gawang tuan rumah pada menit 58. Lewat serangan balik cepat, Danny Ings yang mendapat operan di luar kotak penalti dengan tenang melepaskan tendangan terarahnya untuk membawa Southampton unggul 4-0. 

Tertinggal empat gol tak membuat Villa kehilangan harapan. Gol yang dinanti tuan rumah akhirnya tercipta pada menit 62. Umpan matang Grealish diteruskan dengan sundulan Tyrone Mings yang menggetarkan jalan gawang McCarthy mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Menit ke-70 tembakan Trezeguet masih mampu ditahan kiper Southampton. Tendangan Barkley pada menit ke-75 juga tepat dipelukan McCarthy.

Ollie Wetkins memperkecil ketinggalan 2-4 pada menit 93 melalui eksekusi titik putih Tuan rumah mendapat hadiah pinalti setelah Grealish dilanggar Diollo di dalam kotak terlarang. 

Tuan rumah kembali mencetak gol pada menit ke-96 melalui tendangan dari luar kotak penalti dari Grealish. Ini menjadi gol terakhir pada laga tersebut karena tak ada lagi waktu bagi Villa untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Susunan pemain kedua tim:

Aston Villa (4-2-3-1)

Emiliano Martinez; Matty Cash (Ahmed El Mohamdy 67), Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett, John McGinn, Douglas Luiz, Bertrand Traore (M Trezeguet 28), Ross Barkley, Jack Grealish, Ollie Watkins.

Pelatih: Dean Smith

Southampton (4-4-2)

Alex McCarthy; Ryan Bertrand (Ibrahima Diallo 79), Jannik Vestergaard, Jan Bednarek (Jack Stephens 46), Kyle Walker-Peters, Theo Walcott, James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Stuart Armstrong, Che Adams, Danny Ings (Shane Long 84).

Pelatih: Ralf Hassenhuetl

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement